Awal Bertugas Kapus Baru Bakal Kunjungi Desa Terpencil

0
130
B-NET. Setelah serah terima jabatan sebagai Kepala Puskesmas (kapus) Kecamatan Simpang Raya (Sirma), I Made Artana, Amd.Kep telah mempersiapkan tugas awalnya untuk menyambangi desa terpencil guna memberi pelayanan kesehatan yang lebih maksimal. Salah satunya yakni di Dusun Mumpe Desa Doda.
Kepada awak media banggainet.com Rabu (1/8) I Made Artana, Amd.Kep mengatakan,  anjangsana ini selain tim Puskesmas Simra dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai juga diikuti oleh jajaran istansi lain unsur Pemerintah Kecamatan Nuhon, TNI/Polri dalam hal ini Polsek dan Koramil serta para Mahasiswa KKN Unismu Luwuk.
Hal yang terpenting dalam kunjungan ini yakni, memberikan pengobatan gratis, asupan makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil, imunisasi balita serta pengobatan campak (rubela), ujar Made.
Lebih jauh dijelaskannya, Khususnya campak (rubela), adalah program nasional.
“Kalau dulu pengobatan hanya pada umur 9 tahun, tapi sekarang sampai dengan umur 18 tahun” demikian terangnya.
Menurut Made,  minggu kedua bulan ini kegiatan untuk mengunjungi warga di desa terpencil itu baru akan dilaksanakan.
Untuk sementara ini kata Kapus Nuhon, pihaknya tengah melakukan persiapan internal dan koordinasi dengan berbagai pihak guna keberangkatan ketempat tujuan. Olehnya dengan pertimbangan cuaca dan kondisi medan jalan saat ini maka mobilisasinya perlu dikaji secara evektif, apakah menggunakan sepeda motor (traill) atau jalan kaki.
” Jadi kita lihat dulu situasi dan kondisinya cuaca kedepan, kalau bisa mengunakan motor yah kita gunakan, jika tidak tentu kita jalan kaki saja” demikian Made.
Untuk diketahui menuju Dusun Mumpe harus melintasi medan extrim, jika berjalan kaki jarak tempuhnya memakan waktu kurang lebih tiga jam. Sementara jika menggunakan sepeda motor bisa dijangkau dengan waktu perjalanan kurang lebih satu jam.*(zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here