Babinsa Dan Kades Mantop Bulagi Himbau Pemuda Desa Hindari Miras

0
153

B-NET. Babinsa Koramil 1308-12/Bulagi bersama aparat Desa Montop himbau kalangan remaja dan pemuda yang ada di Desa tersebut untuk menghentikan konsumsi minuman keras (Miras).

Sebelumnya Desa Mantop terkenal dengan jumlah penikmat Miras paling tertinggi di Kecamatan Bulagi. Himbauan dari aparat Kepolisian belum juga membuahkan hasil yang memuaskan hal itu dikarenakan berbagai masalah perseteruan yang terjadi dilingkup masyarakat kebanyakan hanya karena dipicu oleh pengaruh Miras. Dengan hal demikian sehingga aparat TNI melalui Koramil 1308-12/Bulagi ikut prihatin sehingga terpanggil untuk ikut bersama menyelesaikan permasalahan tersebut.

Upaya dari orang tua, warga dan tokoh masyarakat didaerah telah dilakukan dengan menghimbau untuk menghentikan tindakan mereka, begitupun oleh RT dan RW yang juga turun langsung serta didampingi oleh psikologis dari psikolog Puskesmas untuk menegur dan menasehati kepada para pemuda sampai kepada somasi yang dilakukan pihak Polisi, namun usaha yang dilakukan belum menuai hasil yang positif.

Hal ini juga semakin diperkuat oleh lemahnya peraturan perundang-undangan serta peraturan daerah dengan tidak memberikan sanksi berat sehingga perilaku dapat bertahan dan cenderung mengalami perkembangan. Pemuda yang diketahui meminum-minuman berakohol hanya diberikan pembinaan oleh pihak aparat terkait dan diberikan peringatan dan nasihat namun hal itu tidak menimbulkan efek jera bagi mereka.

Adapun intervensi komunitas yang diberikan sebagai bentuk pencegahan konsumsi miras wilayah tersebut, melalui Babinsa Koramil 1308-12/Bulagi Serda Suyitno bersama Kepala Desa Montop telah mengumpulkan sebanyak 12 orang pemuda untuk menindaklanjuti dan menyelesaikan permasalahan yang sering di keluhkan oleh warga. Adapun kegiatan penanganan dalam rangka upaya menyelesaikan dan menghentikan tindakan negatif dari para pemuda itu dilaksanakan di Balai Desa Montop.

Melalui arahan dan langkah kebijakan yang tegas oleh Babinsa Serda Suyitno kepada 12 orang pemuda pada intinya tindakan negatif yang selama ini dilakukan oleh para pemuda merupakan langkah perjalanan hidup yang salah, sehingganya melalui pertemuan ini diharapkan untuk tidak lagi melakukan apa yang menjadikan keresahan diwilayahnya, selaku Babinsa Serda Suyitno secara tegas memberikan ultimatum jika masih ada yang mengkomsumsi miras serta melakukan tindakan yang merugikan orang lain, maka selaku Babinsa bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa akan menindak tegas pelakunya.

Terpisah Pjs, Danramil 1308-12/Bulagi Pelda Suharto yang dikonfirmasi awak media ini membenarkan adanya pertemuan yang dilakukan oleh Babinsa dan Kades Montop bersama para pemuda untuk memberikan peringatan tegas kepada pemuda yang sering melakukan perbuatan menyimpang akibat mengkonsumsi miras.

“Ia benar Babinsa bersama aparat Desa Mantop dan pemuda setempat melakukan pertemuan untuk menyampaikan himbauan dan peringatan tegas kepada mereka yang sering membuat kegaduhan ketika dalam pengaruh minuman keras”,terangnya.*(RAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here