Babinsa Pelopori Pelatihan Buat Pupuk Organik di Manyula

0
130

B-NET. Babinsa Serka Harto, Minggu (5/8), menggelar kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pestisida alami di Desa Manyula Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah. Kegiatannya diikuti oleh 25 orang petani yang merupakan kelompok tani Sumtanpa binaan Babinsa ini. Pelaksanaanya berlangsung di lokasi perkebunan milik Arif Madina.

Dalam pelatihan pembuata pupuk tersebut menghadirkan pemateri ahli pertanian yakni, Subali dan Iwan Lyders.Tenaga ahli tersebut juga meneliti perihal tanaman apa yang cocok untuk bercocok tanam.Sementara pihak pemberdayaan dari LNG akan membantu untuk pengadaanya.

Terkait kelompok tani yang telah dibentuk, Babinsa Serka Harto mengatakan, melalui rapat musyawara Desa telah mengusulkan pembangunan jalan tani sejauh 3 KM untuk mempermudah ketitik lokasi.

“Saya telah mengusulkan ke pihak pemerintah Desa Manyula demi optimalisasi program agar dibangunkan jalan tani sampai ke titik lokasi”, terangnya.

Sementara pihak aparat desa melalui, Misraden Karim mengaku mereka sudah mengamini permintaan Babinsa dan akan menganggarkan pembangunan melalui ADD tahun 2019.

“Kami Pemerintah Desa Manyula akan menganggarkan pembangunan tersebut melalui anggaran ADD tahun 2019”,ungkap Misraden.

Sedangkan pihak masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik dan mengucapkan terimakasih kepada Babinsa setempat yang telah memfasilitasi sehingga program dapat berjalan baik dan sukses.*(RAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here