Babinsa Tolbar dan Basarnas Temukan Kapal Nelayan Hanyut

0
132
BNET – Kapal penangkap ikan Nur Asifa yang sebelumnya dikabarkan hilang dilaut lepas karena kerusakan mesin, berhasil diselamatkan oleh tim pencari yang terdiri dari Babinsa Toili Barat (Tolbar-red) terotorial Koramil 1308-03/ Batui dan Tim Basarnas.
Aksi penyelamatan ini mereka berhasil mengevakuasi 4 orang nelayan dengan keadaan selamat beserta kapal motornya.
Dalam kronologisnya, kapal ikan Nur Asipah yg di nahkodai oleh Rislan (20) berangkat hari sabtu pagi jam 06’00 wita tgl 13 – 04 -2019 dari pantai Pulau Jodoh Kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Bangkep dengan tujuan Kendari. Kapal ini mengangkut ikan campuran sebanyak kurang lebih 3 Ton.
Setelah sampai di perairan Umbele Bungku Kabupaten Morowali, kapal mengalami rusak mesin sehingga terapung-apung selama 8 hari 9 malam di perairan Menui Ternate, kemudian terdampar di wilayah perairan Topo Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, tepatnya kurang lebih 23 mil dari Pantai Desa Rata Toili Barat.
Adanya laporan kapal hilang kontak itu, tim melakukan proses pencarian dan pada pukul 12.50 wita tim Basarnas bersama 4 orang Babinsa Toili Barat, dipimpin Pelda I Wayan Rupa dan masyarakat 5 orang bergerak menyisir laut dan kapal yang ditumpangi 4 orang ABK itu ditemukan diperairan Topo kemudian kapal ditarik ke pantai Rata Kecamatan Toili Barat.
Adapun tim penyelamat yang terlibat dari TNI diantaranya, Babinsa Toili Barat Pelda I Wayan Rupa, Sertu kadir, Serda Nengah Suarna, Kopda Agung serta tim Basarnas.
Sementara untuk korban yang keseluruhannya terselamatkan antara lain, Rislan (20), Egi (20) Fiko (26), Fajar (20). Seluruh dari mereka beralamat ditempat yang sama yakni Pulau Jodoh Bokan Kepulauan Kabupaten Bangkep.* pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here