Banggai di Kenal Dengan Culture Knowledge, Behaviour, Artifact

BATUI – Bupati Banggai H. Amirudin mengatakan, Kabupaten Banggai dikenal oleh masyarakat luas sebagai Culture Knowledge, Behaviour dan Artifact, yang di tampilkan sebagai inplementasi dari kesepakatan tentang nilai-nilai, ide, gagasan, dan pandangan hidup yang dijadikan sebagai pedoman untuk berprilaku baik secara internal maupun eksternal.
Pandangan tersebut dikemukakan dalam teks sambutan Bupati Banggai dalam acara penutupan Festival Adat Mombowa Tumpe yang dibacakan, Sekda Kabupaten Banggai, Abdullah Ali, Jumat (2/12) di Kecamatan Batui.
“Sekalipun Kabupaten Banggai terdiri dari berbagai suku bangsa, namun kita telah bersepakat untuk bersatu dalam Multikulturalisme bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika”, demikian kutup Sekda saat mewakili bupati pada acara tersebut.
Lanjut katanya, materi Sumpah Pemuda Dan Falsafah Negara Pancasila, Bhineka Tunggal Ika berisikan pengakuan dan kesadaran bahwa walaupun Kabupaten Banggai dipisah menjadi tiga kabupaten dan itu berbeda latar belakang ras, suku, agama, budaya dan adat istiadat, namun tetap satu, yaikni Banggai Bersaudara, jelasnya.
Sebelunya selaku Pimpinan Kabupaten Banggai, Bupati Amirudin mengucapkan terima kasih kepada perangkat atau lembaga musyawarah Adat Banggai khusunya Wilayah Bosanyo Batui dan juga panitia pelaksana sebagai peyelenggara Festival Momboa Tumpe.
Karena melalui kegiatan ini telah menunjukkan kepada generasi pewaris peninggalan adat dan sejarah peradaban para leluhur ini agar terus menjaga dan melestarikannya sebagai pencerminan dalam menghormati dan taat terhadap norma-norma dan nilai-nilai kehidupan yang telah mereka wariskan, demikian Sekda mengutip sambutan bupati.
Sementara itu dalam rangkaian agenda kegiatan diawali penutupan dilakukan pengantaran Telur Maleo dari Rumah Bosanyo Batui menuju Kuala Batu Humboho dengan jalan kaki bersama dan selanjutnya diantar menggunakan kapal motor menuju Kabupaten Banggai Laut.
Kegiatan ini dilanjutkan kemudian pada malam hari berupa seremoni penutupan Festival Mombowa Tumpe yang dipusatkan di lapangan sepak bola Kelurahan Balantang.
Turut Hadir Pada Acara tersebut Unsur Forkopimda, Kementerian Pariwisata RI, Kadis Pariwisata Prov. Sulteng, Kadis Pariwisata Kab. Tojo Una-Una, Kadis Pariwisata Kab. Banggai, Camat Dan Unsur Tripika Kecamatan Batui, Para Camat Se-Kabupaten Banggai, Lembaga Musyawarah Adat Banggai Wilayah Bosanyo Bantui, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan lainya.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button