Banggai Masuk Dalam Program Nasional Gerakan Kota Cerdas

LUWUK – Kabupaten Banggai terpilih menjadi Salah Satu Kabupaten dari 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang masuk dalam Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022.
Hal tersebut dikemukakan Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili saat membacakan sambutan Bupati membuka kegiatan Bintek Penyusunan Masterplant Smart City Kabupaten Banggai yang diselenggarakan oleh Dinas Informatika Statistik & Persandian, Kamis, (16/6) di Ballroom Hotel Estrella Luwuk.
Pada Tahun 2021 telah dilaksanakan assesmen yang dilakukan oleh tim ahli dari berbagai kalangan yang ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia , berdasarkan assesmen tersebut, “alhamdullilah kabupaten Banggai terpilih menjadi salah satu Kabupaten dari 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang masuk dalam Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022”, ujar Wabup.
Olehnya itu hasil Assesmen tersebut pada Tanggal 21 April tahun 2022 dilaksanakan kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan Antara Direktur Jenderal Aplikasi i
Informatika dengan Pemerintah Kabupaten Banggai tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) dalam bentuk Pendampingan Penyusunan Master Plan Smart City Kabupaten Banggai, tentu saja pemerintah kabupaten Banggai mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Bimbingan Teknis yang di laksanakan ini.
Dia berharap melalui kegiatan ini dapat melihat potensi permasalahan serta kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang kita miliki, tandasnya.
Diketahui gerakan menuju Smart City yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo RI, bertujuan untuk mendorong Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia melakukan akselerasi pembangunan dengan menggunakan konsep
Smart City atau Kota/derah pintar, mulai dari penyusunan master plan smart city, merencakan dan melaksanakan Program Quick Win Smart City dan melaksanakan Road Map atau peta jalan pembangunan smart city dalam 5 hingga 10 tahun kedepan.
Selanjutnya Untuk Mewujudkan Smart City di Kabupaten Banggai, diperlukan komitmen dan perencanaan yang matang serta menyeluruh pada tahap-tahap tertentu, usaha pembangunan smart city juga perlu melibatkan semua pihak di tingkat daerah maupun di tingkat pusat, baik dari pihak masyarakat, pemerintah maupun swasta, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Banggai sejajar dengan daerah maju lainnya melalui Visi Pemerintah Kabupaten Banggai yaitu Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri Dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal.
Turut hadir pada kesempatan itu, tim tenaga pembimbing dari Kementerian Kominfo RI, Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc.,Ph.D, Tenaga Ahli Dr. Nunuk Dwi Retnandari, M.Si, Asisten Ahli Muzakir Haitami dan Rossy. Selain itu ada juga perwakilan Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah,
para Staf Ahli/Staf Khusus Bupati, Assisten Setda Banggai, Pimpinan OPD, Kabag Setda Banggai dan pimpinan BUMN dan BUMD, dari kalangan Universitas, Kabag Prokopim beserta jajarannya, serta peserta Bimtek.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button