Banjir dan Tanah Longsor Landa Kota Salakan

0
806

BNET – Akibat terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi, wilayah kota Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan direndam banjir dengan ketinggian air yang bervariasi mulai 10 cm hingga 30 cm pada Senin (17/6) pagi. Selain itu juga terjadi tanah longsor dibeberapa titik.

Hal utama terjadinya banjir karna dipicu oleh saluran drainase di tutupi material tanah berupa pasir yang terbawa air hujan dari perkantoran Trikora Salakan. Akibatnya air meluap ke jalan raya hingga menyebabkan aktifitas warga terganggu dan sebagian wilayah lumpu total.Menurut informasi warga setempat, tepatnya di jalan poros trans kota Salakan menuju Desa Kautu sekitar 1 km arah selatan kota telah terjadi tanah longsor yang menyebabkan poros trans  desa/kecamatan tertutup material tanah domato sehingga menyebabkan kendaraan tidak bisa melewati jalan tersebut.

Oleh Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) telah
menurunkan alat berat, guna mengeluarkan material tanah yang menutupi poros jalan. Longsor yang terjadi di wilayah Desa Kautu memang kerap terjadi jika daerah tersebut diguyur hujan. Pemda Bangkep telah berupaya melakukan Antisipasi dengan menyiapkan sarana dan prasarana peralatan dan kendaraan Dinas BPBD dan PU/PR guna meminamilisir keadaan yang semakin parah.*(RAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here