Bawaslu Akan Keluarkan Juknis Petugas TPS dan Saksi Parpol

0
160

BNET- Bawaslu akan segera mengelurkan Petunjuk Tehknis (Juknis) untuk perekrutan pengawas TPS dan pelatihan saksi Partai, sehingga idealnya mereka semua harus memiliki pengetahuan dan pengalaman kepemiluan.

Hal itu dikemukakan Ketua Bawaslu RI, Abhan saat melakukan kunjungan di Luwuk Kabupaten Banggai sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota yang berlangsung di Hotel Estella, Sabtu (12/01/2019).

Selain itu Abhan berpesan seperti biasanya dalam momentum politik ini, jajaran pengawas harus optimis mengdapi Pemilu Tahun 2019 serta saling menjaga solidaritas bersama.

Seperti diketahui  kegiatan ini melibatkan berbagai unsur masyarakat di Kabupaten Banggai karena memang pengawasan partisipatif sudah merupakan misi Bawaslu dimana orientasinya melibatkan segenap masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu.

Sementara itu terkait dengan sinergitas antara Komisioner dan Sekretariat, Ketua Bawaslu RI yang juga merupakan Koordinator Divisi SDM dan Organisasi meminta agar Komisioner dan sekretariat selalu menjaga soliditas.

“Semua punya peran dan tugas masing-masing. Sekretariat tugasnya untuk menjadi supporting system bagi komisioner. Mohon untuk selalu dibicarakan jika ada masalah. Komisioner jangan bawa kalkulator tapi buku dan undang-undang Pemilu”, tegasnya.* pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here