Bawaslu Banggai Puji Kinerja Panwascam Nambo

0
165
BNET- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Banggai memuji kinerja Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Nambo, atas proaktifnya melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dilingkup wilayah pengawasan mereka.
Seperti diketahui baru-baru ini bersama Satpol PP, Panwascam Nambo dengan tegas menertibkan puluhan APK milik para Caleg dari masing-masing Parpol yang dianggap telah melanggar ketentuan.
Menurut ketua Panwascam Nambo Roni Ibrahim, penertiban puluhan APK peserta Pemilu yang tersebar di wilayah kerjanya itu ditertibkan sesuai dengan aturan PKPU, sehingga APK yang terdata melanggar langsung diamankan.
“Sebelum melakukan penindakan, kita sudah melayangkan surat pemberitahuan ke masing-masing PAC”,  katanya.
Maka dari itu sesuai ketentuan dalam waktu 1×24 jam tidak diindahkan maka diberi stempel bahwa APK itu melanggar, tegasnya.
Lanjut dikatakan, para pelanggar diberikan waktu 3 x hari lagi untuk melakukan perbaikan, ketika masih belum juga di indahkan,  maka di hari Rabu 30 Januari dilakukan penindakan lebih lanjut, ujar Roni.
Sementara disela-sela kegiatan Kapolsek Kintom-Nambo Ipda Deky Wahyudi SH, yang juga turut hadir menuturkan bahwa pihaknya selaku aparat keamanan bertugas membackup kiat Panwascam Nambo.
“Kami dalam hal ini bertugas membackup keamanan giat penertiban. Sementara untuk penertibannya sendiri dilakukan oleh Satpol PP dan Panwascam sendiri,” terangnya.
Disisi lain Koordinator Divisi Penanganan Sengketa Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Banggai, Bece Abd Junaid SH.MH, pada media ini juga menambahkan bahwa apa yang telah diselenggarakan Panwascam Nambo itu sudah sesuai tahapan dan regulasi yang termaktub dalam PKPU.
“Kinerja mereka kami anggap sudah maksimal dan sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” katanya.
Masih Kata Bece, sesuai tahapan pemilu kampanye yang di laksanakan oleh peserta, pelaksana dan tim kampanye, Bawaslu Kabupaten beserta seluruh jajaran Panwascam dan pengawas desa/keluarahan (PKD) se-Kabupaten Banggai terus siap mengawasi tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu yang telah diatur dalam PKPU.
Selanjutnya untuk APK yang telah ditertibkan, diamankan di Kantor Panwascam Nambo guna menunggu diserahkan kembali kepada pihak-pihak terkait yang ingin mengambilnya langsung.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here