Bung Cale Mundur, Haji Amir Ketua KONI Banggai

"Semua Harus Kompak"

LUWUK – Drama pemilihan Ketua Koni Banggai berakhir. Senin sore (11/12/2023) sosok Amirudin yang akrab disapa Haji Amir mendapat legitimasi dari seluruh Cabang Olahraga (Cabor). Dia terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Koni Banggai periode 2023-2027.

Sebelumnya dalam perhelatan pemilihan ini, terdapat dua nama figur mengerucut untuk menjadi calon ketua yakni, Syarifudin Abas atau Bung Cale yang merupakan sosok dari kalangan profesional muda. Sementara rivalnya sosok Haji Amir saat ini menjabat sebagai Bupati Banggai.
Sebelumnya juga terwacana desas – desus bahwa sosok Cale merupakan calon kuat Ketua Koni Banggai.
Hal itu dikarenakan Amirudin akan enggan untuk berkompetisi, mengingat terbentur oleh aturan sebagai pejabat publik. Namun spekulasi dari kalangan yang menilai itu hanya mengacu pada aturan lama yang kini telah berubah.
Memang jika prediksi peluang Cale itu mendasari UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistim Keolahragaan Nasional, yang kesimpulanya menyatakan, pengurus Koni dari pusat hingga daerah bersifat mandiri dan tidak terkait dengan jabatan struktural dan jabatan publik, dimana kemudian dipertegas melalui PP nomor 16 Tahun 2007, tentu Haji Amir akan lebih menghargai aturan itu sekalipun dia diharapkan oleh kalangan arus bawah dalam hal ini pemberi legitimasi untuk memegang kendali Koni.
Namun karena aturan itu telah berubah menjadi UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan, dimana pada Pasal 41 menyatakan pengurus Komite Olahraga Nasional (Koni) di provinsi dan kabupaten/kota bersifat mandiri, memiliki kopetensi di bidang keolahragaan  dipilih oleh masyarakat sesuai dengan ketentuan .
Olehnya itu untuk pembatasan sebagai pejabat struktural dan pejabat publik sesuai yang tertera pada UU Nomor 3 Tahun 2005, tidak lagi tertuang dalam UU Nomor 12 Tahun 2022 Pasal 41. Maka dari itu keinginan suara mayoritas disaat penjaringan calon memang sudah di dominasi Haji Amir, tentu sangat rasional untuk di respon.
” Saya bukan orang yang gila jabatan, tapi saya hanya menginginkan agar kita bersama memajukan olah raga di daerah ini”, ujar Amirudin saat menyampaikan pidato singkat usai dia di legitimasi secara aklamasi.
Sebelumnya dalam sesi pemaparan visi-misi untuk kedua calon ketua ini,  Cale justru hanya nenyampaikan pengunduran dirinya dalam pencalonan, sehingga yang ada hanya calon tunggal yakni Amirudin. Sesuai tatib pemilihan jika hanya satu calon berarti prosesinya dilakukan secara aklamasi. Olehnya Haji Amir yang merupakan orang nomor satu di daerah ini yang menjadi ketuanya.
Selain menyampaikan komitmen memajukan dunia olahraga, Amirudin juga berpesan agar seluruh anggota Koni selalu kompak dalam menjalankan ananah dan jangan sekali-kali ada pengkotak-kotakan. */@

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button