Bupati Aktifkan 47.575 Kartu JKN-KIS Untuk Masyarakat Banggai 

LUWUK – Pemerintah Kabupaten Banggai kembali mencover masyarakat sejumlah 47.575 jiwa kedalam program JKN-KIS dengan total anggaran kurang lebih 5,4 Miliar rupiah.
Hal itu disampaikan Bupati Banggai Ir H. Amirudin pada kegiatan Pencanangan Program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional Penduduk yang di laksanakan diruang Rapat Umum kantor Bupati Banggai. Jum’at, (23/10).
“Alhamdulillah per 01 Oktober 2021 Pemerintah Kabupaten Banggai telah mewujudkan Universal Health Coverage dengan keistimewaan, dimana pemerintah daerah telah mengcover kembali masyarakat kedalam program JKN-KIS sejumlah 47.575 jiwa, yang didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai Tahun 2021 dengan total anggaran kurang lebih 5,4 Miliar, Kami alokasikan di APBD Perubahan” terangnya.
Menurutnya hal ini merupakan wujud kehadiran pemerintah ditengah – tengah masyarakat dalam meningkatkan kesejahtraan sosial masyarakat.
“Pelaksanaan program Universal Health Coverage Kabupaten Banggai ini sebagai wujud komitmen dalam masa kerja 100 hari pemerintahan kami periode 2021-2024, Dengan mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan Masyarakat” katanya.
Ia menjelaskan BPJS kesehatan telah diamanatkan langsung oleh undang-undang untuk mengelola program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi seluruh rakyat Indonesia.
“Khususnya di bidang kesehatan yang relevan dengan sembilan program aksi pemerintahan saat ini yaitu gratis pelayanan kesehatan” jelas H. Amir.
Lebih lanjut ia mengatakan, total penduduk yang didaftarkan dan didanai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai per Oktober 2021 sejumlah 129.899 jiwa.
“Adapun jumlah  masyarakat Kabupaten Banggai yang telah ter-cover atau menjadi peserta jaminan kesehatan nasional untuk semua segmen sejumlah 351.126 jiwa dari total penduduk kabupaten banggai 369.344 jiwa atau sebesar 95,07%”, kata Bupati Banggai.
Diakhir sambutannya Bupati berharap melalui kegiatan tersebut dapat berhasil guna menyusun program pembangunan di Kabupaten Banggai.
“Saya mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat membangun koordinasi dan komunikasi yang lebih baik dan berhasil guna, untuk menyusun program pembangunan di Kab. Banggai, yang disinergikan dengan program jaminan kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)” tutup H. Amir.
Sementara turut hadir dalam kegiatan ini antara lain, Unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati Banggai, Asisten Setda Banggai, kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk beserta jajarannya, Pimpinan OPD, serta para peserta penerima kartu indonesia sehat JKN-KIS.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *