Bupati Banggai Bangun Kerjasama Dengan BRIN

JAKARTA – Optimalkan Potensi Daerah melalui Pelaksanaan Riset, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan serta Invensi dan Inovasi di Kabupaten Banggai, Bupati, Amirudin tandatangani Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)  Republik Indonesia.

BRIN diwakili Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Yopi. Penandatangananya berlangsung, Jum’at (23/2/2024) di Jakarta.

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin., MM., AIFO diterima langsung oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Yopi, yang didampingi Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah, Dr. Oetami Dewi, Direktur Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah, Dr. Ir. Lukman Salahuddin, M.Sc,  dan Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah, Dr. Sri Nuryanti, diruang Rapat Lantai 12, Gedung BJ. Habibie, Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (BRIN).

Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Yopi, mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi keseriusan Pemerintah Daerah didalam Mengembangan Riset dan Inovasi Daerah melalui aksi Kolaborasi Pemanfaatan Riset dan Inovasi untuk Kemajuan Daerah, BRIN sebagai Lembaga Riset di Indonesia diberikan mandat untuk mengelola SDM dan SDA Nasional hingga mencapai kompetensi maksimal melalui Riset dan Inovasi serta Teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah. Lebih lanjut Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Yopi, menambahkan bahwa ini merupakan salah satu proses Pembinaan BRIN yang dilakukan kepada Pemerintah Daerah melalui Layanan Kerjasama Pemerintah Daerah dengan BRIN, Penandatangan Nota Kesepakatan Sinergi merupakan salah satu Bukti untuk meningkatkan layanan tersebut. Ini merupakan hasil Koordinasi Seluruh Unit Kerja yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai dan Seluruh Unit Kerja yang ada di BRIN dan dikemas dengan satu Dokumen Kerjasama yang kita sebut dengan Nota Kesepakatan Sinergi (NKS).

Berbagai Fokus Bidang Riset yang telah disepakati didalam NKS tersebut, diantaranya Bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Peningkatan Sumber Daya Manusia yang merupakan hasil Koordinasi Unit Kerja Pemerintah Daerah dan BRIN yang tertuang didalam Lampiran NKS tersebut.

“Fokus Bidangnya Sangat Beragam, ada Pertanian, Perikanan dan lain-lain, Mohon nanti di Cek Nota Kesepakatan Sinergis karena ada beberapa Kegiatan hasil koordinasi dari Unit Kerja di Pemda dan Unit Kerja di BRIN itu Sendiri” Kata Yopy.

“Harapan kami, ini tidak hanya sebatas menjadi salah satu dokumen yang tersimpan begitu saja, tetapi harus ada suatu rencana aksi yang clear, yang jelas yang benar-benar dilaksanakan. Untuk itu memantau proses Implementasi dari Kerjasama ini mejadi sangat penting, siapa yang melaksanakan jelas kami BRIN akan membantu memantau itu melalui kedeputian kami dan juga kita mohon bantuan dari Pimpinan Daerah dalam hal ini Pak Bupati Banggai melalui Kepala BRIDA Kabupaten Banggai untuk memonitor rencana kerja yang tertuang didalam dokumen Kerjasama tersebut agar benar-benar terimplemnentasi. Dan satu lagi harapnnya, ini adalah dokumen Kerjasama pertama yang ditandatangani, nah sesuai dengan regulasi yang ada dokumen ini pun bisa di addendum kapan saja untuk menambah beberapa kegiatan, rencana-rencana teknis lainnya, bisa ditambah terus menerus dan tinggal dicek Implementasi sehingga hubungan Pemda bersama BRIN itu berkelanjutan dan berimpac positif” Lanjut, Yopy.

Pada Kesempatan tersebut, Bupati Banggai menympaikan Apresiasi dan terimakasih atas dukungan Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (BRIN) serta Sambutan hangat dari Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah beserta jajarannya. Didalam sambutannya, Bupati Banggai, memaparkan berbagai Potensi Sumber Daya di Kabupaten Banggai yang pemanfaatannya belum optimal dan terus dikembangkan untuk Kemajuan Daerah dan yang terpenting untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

“Kabupaten Banggai merupakan Daerah yang memiliki Potensi Sumber Daya yang sangat melimpah, dari Potensi Pertanian, Kita merupakan salah satu Lumbung Pangan di Sulawesi Tengah, Potensi Perkebunan, Kita Punya Potensi Kelapa Dalam yang lebih tinggi dari Provinsi Sulawesi Utara, Potensi Kelautan yang meilmpah dengan Panjang Garis Pantai 613,25 Km, Kita Juga Penghasil Minyak dan Gas terbesar di Sulawesi, Kita Punya berbagai macam Potensi Mineral Logam diantaranya Nikel dan LTJ” dikatakan Bupati pada Sambutannya.

Lebih Lanjut, Bupati, Amirudin, juga menyampaikan berbagai harapannya melalui penandatanganan NKS ini “Dengan adanya Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) bersama BRIN, potensi-potensi didaerah dapat kita optimalkan pemanfaatannya melalui Bantuan Riset dari BRIN, karena kami punya keterbatasan Sumber Daya Manusia dengan kualifikasi Periset di Pemerintah Daerah, oleh karena itu melalui hasil riset dan penerapan teknologi dari BRIN pada Sektor Perikanan, saudara-saudara kita yang berprofesi sebagai nelayanan tidak lagi mencari ikan tetapi menangkap ikan sehingga terjadi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan untuk saudara-saudara kita yang berprofesi sebagai nelayanan, pada Sektor Pertanian dan Perkebunan terdapat pengwilayahan komoditas untuk mengoptimalkan hasil produksi pertanian dan perkebunan serta adanya diversifikasi produk pertanian dan perkebunan, pada sektor Migas melalui hasil riset dapat kita peroleh informasi-informasi pemanfaatan limbah gas yang terbuang untuk dimanfaatkan oleh Daerah” ucap, Amirudin.

Gayung bersambut, setelah mendengarkan harapan yang disampaikan oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO, Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Yopi langsung menginstruksikan Direktur Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah, Dr. Ir. Lukman Salahuddin, M.Sc, Untuk segera menindaklanjuti pemanfaatan limbah Gas di Kabupaten Banggai dan Berkoordinasi denga Badan Riset dan Inofasi Daerah Kabupaten Banggai. Selain pemanfaatan Gas, Kepala Organisasi Riset (OR) Pengindraan Jarak Jauh akan berkunjung ke Kabupaten Banggai dalam rangka Pengembangan Peta Citra Satelit Pemanfaatan Kawasan Perikanan Tangkap di Kabupaten Banggai.

Pers rilis DKISP Banggai menyebutkan, Bupati Banggai didampingi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah, Andi Nur Syamsy Amir, Asisten Administrasi Umum Setda, Kamil Datu Adam, Kepala Dinas TPHP, Subhan Lanusi, Analis Kkebijakan Utama (AKU), Ansar Maeta, Staf Khusus Bupati Bidang Hukum, Abdul Ukas Marzuki, Kabag Kerjasama, Fahmi Arifudin Rizal, Kabag Hukum, Zainudin Saluki, Kabid SDM & Infrastruktur Riset BRIDA, Muh. Didik Ismu Prihan Deni, dan Jajaran Brida, TPHP dan Setda Kab. Banggai.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button