Bupati Banggai Hadiri Rakernas Apkasi di Jakarta

JAKARTA – Bupati Banggai Amirudin, Rabu (10/7/2024) menghadiri Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta.

Penyelenggaraan di tahun 2024 ini merupakan kegiatan pertemuan akbar Apkasi yang ke XVI dimana agendanya ada Apkasi Expo (AOE 2024) dan Apkasi Procurement Network 2024. Rangkaian kegiatannya berlangsung mulai tanggal 10 hingga 12 Juli 2024 di Hall A & B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Rakernas Apkasi dan Otonomi Expo merupakan agenda tahunan yang digelar Apkasi untuk membahas isu-isu dan rencana strategis dalam pembangunan daerah, khususnya kabupaten.

Tujuan utama Apkasi Otonomi Expo untuk mempromosikan berbagai produk unggulan daerah, aneka komoditi dan peluang investasi daerah, serta destinasi wisata guna meningkatkan perekonomian daerah yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kegiatan ini, Presiden RI Joko Widodo hadir secara langsung, didampingi oleh Ketua Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden Jokowi menekankan bahwa setiap daerah perlu memaksimalkan potensi yang dimilikinya, mencakup aspek keuangan, pangan, energi, industri, teknologi, dan pariwisata.

“Saya hanya ingin titip bahwa potensi-potensi yang ada di daerah itu harus dikembangkan, baik dari sisi finance, pangan, energi, industri, teknologi, maupun pariwisata, daerah-daerah yang pemandangannya bagus, dari sisi turismenya, semuanya harus dikembangkan,” ujar Presiden RI.

Sementara itu, Apkasi Procurement Network 2024 yang dilaksanakan secara berkala bertujuan untuk meningkatkan serapan anggaran pemerintah daerah melalui belanja barang dan jasa pemerintah, serta bertujuan untuk mendukung gerakan bangga menggunakan produk dalam negeri.

Demi mendukung perekonomian nasional, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya membeli dan menggunakan produk dalam negeri dalam setiap pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah.

“Ini perlu saya ingatkan, beli produk-produk kita sendiri, mengumpulkan anggarannya itu sangat sulit sekali, gunakan 100 persen untuk pengadaan barang dan jasa itu produk-produk dalam negeri,” tegas Jokowi.

Acara ini diikuti oleh ratusan stan dari pemerintah kabupaten termasuk Kabupaten Banggai, juga kota, provinsi, kementerian, lembaga, BUMN dan perusahaan swasta nasional.

Dalam pers rilis DKISP Banggai ini juga menyebutkan,  para peserta berkesempatan untuk menampilkan produk unggulan masing-masing serta menjalin kerjasama strategis guna mendorong pembangunan daerah.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button