Bupati Banggai Resmikan Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri di Toili

TOILI – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO meresmikan Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri milik umat khindu Kabupaten Banggai, Rabu (17/1/2024) di Kecamatan Toili.

Prosesi peresmian pada siang itu memancarkan keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama di tempat itu.

“Peresmian Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri bukan hanya sebuah seremoni formal, tetapi juga sebuah komitmen kita bersama untuk melestarikan dan mempromosikan keberagaman dan warisan budaya yang memperkaya identitas kita sebagai masyarakat Banggai,” ujar Amirudin.

Pura ini menjadi simbol keberagaman dan warisan budaya spiritual umat Hindu, imbuhnya.

Bupati juga menekankan pentingnya melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya lokal.

Disamping itu katanya, ini tidak hanya menjadi momen penting bagi umat Hindu, tetapi juga mengukuhkan semangat toleransi antarumat beragama di Kabupaten Banggai.

Keberadaan Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri ini diharapkan dapat menjadi tempat pemujaan dan refleksi spiritual bagi umat Hindu sekaligus menjadi daya tarik wisata religi di daerah ini.

Pada kesempatan itu Amirudin mengajak masyarakat untuk bersama-sama merawat dan menjaga warisan budaya ini sebagai bagian integral dari identitas Kabupaten Banggai.

Setelah meresmikan, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri oleh Bupati Banggai.

Dalam pers rilis yang disampaikan Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai juga dinyatakan, peresmian ini dihadiri oleh para pemuka agama Hindu, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button