Bupati Banggai Resmikan Kantor Dinas PU/PR “Telan Anggaran Rp 16 M Lebih”

UWUK – Bupati Banggai, Amirudin meresmikan gedung kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU/PR), Rabu (1/5/2024) di kawasan perkantoran Bukit Halimun Luwuk Selatan.

Sumber dana pembangunan kantor ini berasal dari APBD Banggai Tahun 2023 dengan nilai anggaran mencapai Rp16.894.800.000.

Di masa kepemimpinan Bupati Amirudin dan Wakil Bupati Furqanuddin Masulili, pembangunan infrastruktur kantor pemerintah menjadi prioritas.

 

Hal itu tidak terlepas dari masih adanya sejumlah dinas yang belum memiliki kantor secara permanen. Selain PUPR, ada kantor Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial yang juga siap diresmikan tahun ini.

“Saya berharap, seluruh jajaran PUPR menggunakan kantor ini dengan sebaik-baiknya, perbaiki kinerjanya. Insyaallah, kalau kantornya sudah bagus, hasil yang diperoleh dari seluruh kerja-kerja PUPR bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Banggai,” ujar Bupati Amirudin dalam sambutannya.

 

Selain itu, kantor Dinas Perpustakaan juga sedang dalam tahap pembangunan. Adapun sejumlah proyek pembangunan yang dianggarkan tahun 2024 yaitu gedung kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah, Banggai Energi Utama (perusahaan perseroan daerah), dan Mal Pelayanan Publik.

 

Ia mengungkapkan bahwa sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Banggai, Kawasan Bukit Halimun didesain untuk wilayah perkantoran.

“Berdasarkan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), Kawasan Halimun ini merupakan kawasan perkantoran, sementara di bawah sana itu pusat perekonomian,” kata Bupati Amirudin.

 

Gedung baru PUPR yang bersebelahan dengan kantor Bappeda dibangun pada 2023 dengan anggaran sebesar Rp16.894.800.000 yang berasal dari APBD Banggai.

 

Setelah menggunting pita yang menandai peresmian gedung, Bupati Amirudin dan Wakil Bupati Furqanuddin masulili bersama para pimpinan perangkat daerah meninjau kondisi ruangan kantor.

 

Bangunan dua lantai seluas 2.262 m² itu memiliki 8 ruang kerja, 1 ruang rapat, 1 ruang studio kontrol, 2 ruang maintenance, dan 1 lobi.

 

Plt. Kepala Dinas PUPR Banggai I Dewa Supatriagama mengungkapkan, meski telah ditempati, gedung baru tersebut belum sepenuhnya rampung.

“Masih terdapat pekerjaan lanjutan, berupa pembangunan gudang, pagar kantor, akses jalan, dan interior kantor akan dikerjakan pada tahun ini,” ujar Dewa.

 

Pembangunan gedung kantor di atas lahan seluas 6.651 m² itu, kata Dewa, merupakan wujud komitmen pimpinan daerah dalam menyediakan sarana dan prasarana bagi aparatur birokrasi di PUPR agar dalam menjalankan tugas dan fungsinya dapat dijalankan dengan baik, serta didukung dengan fasilitas yang memadai, efektif, dan modern.

 

“Semoga dengan adanya gedung baru ini semakin memotivasi kami untuk bekerja lebih keras, bergerak lebih cepat, bertindak lebih tepat, serta lebih giat dan inovatif dalam memenuhi tuntutan pemenuhan penyediaan infrastruktur yang merata dan berkualitas,” pungkasnya.

 

Acara peresmian gedung PUPR siang itu dirangkaikan dengan Halal bihalal Hari Raya Idulfitri 1445 H.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button