Bupati Banggai Sampaikan Amanat Kapolri, Begini Katanya

LUWUK – Bupati Banggai, H. Amirudin mengatakan, menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi guna menciptakan suasana yang kondusif di momentum tersebut.
Pernyataan ini disampaikan saat mengutip sambutan Kapolri yang dibacakan Bupati dalam upacara apel gelar pasukan operasi Lilin 2022, Kamis (22/12) di halaman Mapolres Banggai.
Dalam giat tersebut, Bupati Amirudin bertindak selaku Inspektur upacara seraya ia membacakan amanat Kapolri, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.
Pimpinan tertinggi Polri itu menjelaskan dalam teks pidatonya bahwa, apel gelar pasukan merupakan pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana.
Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif.
Polri dengan dukungan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi, Operasi Lilin 2022.
Pelaksanaanya berlangsung selama 11 hari, mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2022. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) terhitung mulai 3 Januari sampai dengan 9 Januari 2023.
Lanjut mengutip teks yang dibaca bupati selaku Irup itu, operasi Lilin 2022 kali ini diturunkan 166.322 personil gabungan. Mereka itu ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu. Sementara untuk target yang diamankan berjumlah 52.636 obyek.
Berbagai hal tersebut tentu tidak lain dipersiapkan dalam rangka pengamanan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo.
Selanjutnya guna mendukung berbagai upaya pengamanan pada operasi Lilin 2022, diharapkan pengoptimalan peran Command Center yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan terintegrasi dengan CCTV di lapangan, sehingga upaya pengawasan maupun pengambilan keputusan dapat diambil secara cepat, serta tepat guna menghadapi perkembangan dinamika situasi di lapangan.
Selain itu diharap agar perkuat juga strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi. Pastikan setiap pemberian informasi tidak hanya sent, namun juga delivered, sehingga masyarakat betul-betul terbantu dengan informasi yang diberikan.
Kepada seluruh personel pengamanan dalam amanatnya Kapolri berpesan, jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu katanya, laksanakan tugas dengan penuh tanggung-jawab, propfesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini.
“Saya berpesan, agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah,” pesan Kapolri melalui sambutan tertulis yang dikutip Bupati Amirudin.
Menutup sambutan Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengucapkan Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Semoga cahaya dan cinta-kasih Tuhan senantiasa memenuhi relung hati, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang di cita-citakan bersama.
Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di halaman Mapolres Banggai diawali dengan Pemeriksaan Pasukan oleh Bupati Banggai H. Amirudin yang didampingi Kapolres Banggai, Dandim 1308 L/B dan unsur lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan Penyematan Pita Tanda Operasi Lilin 2022 pada 6 perwakilan dari berbagai unsur.
Turut hadir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 unsur Forkopimda Kabupaten Banggai, para pejabat di lingkungan TNI/Polri, beberapa Pimpinan OPD dan undangan lainnya.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button