Bupati Banggai Siap Dorong Prestasi Atlit

20

LUWUK – Bupati Banggai, Ir.H.Amirudin mengatakan Pemda akan selalu mendukung para atlit di daerahnya untuk terus meningkatkan prestasinya.

Penyataan orang nomor satu di daerah ujung Timur Sulteng ini dikemukakan saat usai acara memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang ke XXXVIII dengan tema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Kegiatan secara Virtual melaluai zoom meeting ini berlangsung di ruang rapat khusus.

Tema yang diusung Pemerintah Pusat kali ini yakni, “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”.

“Selaku Pemerintah, kami sangat mendukung olahraga di Kabupaten Banggai agar bisa berprestasi di kancah Nasional maupun Internasional”, terang Bupati dengan penuh optimis.

Lanjut katanya, meskipun ditengah pandemi Covid19 insya Allah para atlet Kabupaten Banggai tetap mengukir prestasi dalam mengharumkan nama daerah.

“Kami akan terus mensuport bagi para atlet Banggai yang berprestasi”, imbunya.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Banggai Ir.H Amirudin didampingi Wakil Bupati Banggai Drs.H.Furqanuddin.M. Juga nampak terlihat Asisten II Drs. Alfian Djibran,MM ,Kepala Dispora Syofyan Lalusu, SE., M.Si, Kabag Prokopim Ferry Rafles Ledder. S.IP.

Sebelumnya Menpora, Zainudin Amali di acara virtual Hari olahraga nasional (Haornas) ke-38 merupakan momentum penandatanganan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju (DBON).

“Presiden menandatangani Perpres Nomor 86 sebagai payung hukum Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju (DBON). Itulah sebagai penanda dimulainya implementasi DBON,” ujar Menpora.

Ia juga mengatakan, DBON tidak lahir secara tiba-tiba. Menurutnya, pembahasan DBON telah berlangsung sejak satu tahun lalu dan melibatkan berbagai unsur.

Unsur-unsur tersebut antara lain Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta kalangan perguruan tinggi. Nantinya, Menpora berharap DBON menjadi pintu masuk kepada olahraga Indonesia yang lebih berprestasi.

“Kita tidak boleh lagi berprestasi by accident. Prestasi itu harus by design sehingga segala sesuatu berkaitan dengan pembinaan harus punya rujukan yang jelas,” ujar Menpora.

Di dalam DBON, Menpora mengatakan Indonesia ingin menjadikan sport science sebagai panduan dalam mencetak atlet berprestasi. Olahraga, kata Menpora, tidak boleh lagi hanya menjadi pelengkap.

“Kita harus menempatkan olahraga sebagai bagian terpenting membentuk sumber daya manusia yang tangguh, berkarakter, dan mampu bersaing,” ujar Menpora.

Di sisi lain, Menpora juga memberikan penghargaan kepada sejumlah figur yang dinilai punya andil dalam memajukan olahraga Indonesia. Tidak hanya para atlet, penerima penghargaan juga berasal dari kalangan akademisi dan wartawan.

“Pemerintah akan memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah berprestasi di kejuaraan tingkat dunia seperti Olmpiade dan Paralimpiade,” kata Menpora.

Sementara itu dalam pidatonya itu Menteri juga mengatakan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Olahraga Nasional ke-38 kepada seluruh insan Indonesia dan seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung olahraga.

“Peringatan Hari Olahraga Nasional tahun ini kita peringati dengan catatan prestasi yang membanggakan, atas raihan medali dalam ajang Olimpiade dan paralimpiade Tokyo 2020,” ujar Jokowi.

Menurut Presiden RI, capaian prestasi yang menginspirasi seluruh bangsa bukan hanya membuat bangga, namun juga memacu lahirnya prestasi-prestasi olahraga yang lebih gemilang di masa yang akan datang.

Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan atas perjuangan dan kerja keras para atlet, dan ketekunan dari para pelatih.
“Sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi prestasi olahraga,” ungkapnya.

Jokowi juga berpesan, agar prestasi olahraga harus terus ditingkatkan, karena prestasi tidak muncul begitu saja. Menurutnya prestasi dihasilkan sebuah proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan.

“Kita harus fokus bekerja di bidang olahraga agar lahir semakin banyak bibit unggul berprestasi yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, dan berpotensi besar mendulang medali di Olimpiade,” tandasnya.

Jokowi juga mengungkapkan, bahwa negara Indonesia memiliki bibit unggul di berbagai cabang olahraga.

“Di antaranya bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung dan senam artistic, serta dua cabang olahraga lain yang perlu dipersiapkan dengan baik yaitu pencak silat dan wushu,” papar Jokowi.

Untuk itu, Presiden mengajak semua pemangku kepentingan agar bersinergi menciptakan ekosistem industri olahraga yang semakin modern dan menyelenggarakan kompetisi olahraga yang sehat memacu berprestasi.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here