Bupati: “Perumda Jangan Cuma Cari Untung, Fungsi Sosial Juga Dikedepankan”

32
LUWUK – Sebaiknya harus ada fungsi sosial yang di bangun di Perumda pengelolaan air minum, karena di dalam suatu perusahaan harus diberlakukan manajemen yang baik, tidak boleh berjalan sendiri-sendiri.
” Jadi perumda ini jangan hanya mencari keuntungan semata untuk pendapatan daerah akan tetapi fungsi sosialnya juga harus jalan”, ungkap Bupati Banggai, H Amirudin dalam rapat evaluasi Perumda Banggai di Ruang Rapat Khusus Kantor Bupati (4/10).
Dikatakanya, bagi Direksi PDAM yang baru untuk berinovasi dalam rangka pelayanan dasar atas kebutuhan air kepada masyarakat.
Untuk itu, pelayanan yang ada di PDAM harus terus ditingkatkan, terutamanya pelayanan terhadap para pelanggan termasuk yang berada dikawasan perkantoran Bukit Halimun sampai ke masyarakat yang berada di KM 8, katanya.
Selain itu Bupati juga menyentil akan continuitas terhadap para pelanggan, supaya terus di perbaiki sehingga masyarakat itu bisa merasakan air bersih, imbuhnya.
Sementara pada bagian lain sambutanya, Amirudin juga menyinggung tentang pemberlakuan sistem pembayaran.
“Kedepan tidak ada lagi yang berbentuk cash, harus ada inovasi dari Perumda agar pembayarannya via bank-bank tertentu”, terang bupati.
Untuk itu pihak Perumda ini bisa bekerja sama dengan bank supaya dapat mengakomodir pembayaran rekening air dari pelanggan.
Disamping itu, Bupati juga mengingatkan, terkait keluhan masyarakat tentang tindak pemutusan jaringan secara sepihak atau tiba-tiba, harus di perbaiki, katanya.
Selayaknya harus ada pemberitahuan kepada masyarakat pelanggan, jadi harus ada fungsi sosial yang di bangun di Perumda ini, karena di dalam suatu perusahaan harus diberlakukan manajemen yang baik, tidak boleh berjalan sendiri-sendiri.
“Jadi perumda ini jangan hanya mencari keuntungan semata sebagai pendapatan daerah akan tetapi fungsi sosialnya jalan, masyarakat bisa terlayani, karena kebutuhan air termasuk pelayanan dasar bagaimana masyarakat bisa terlayani dengan baik, inilah yang akan kita perbaiki”,¬† tutup Bupati.**
Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Khusus Setda Banggai, itu selain diikuti Wakil Bupati Banggai, H. Furqanuddin juga turut hadir Sekda Banggai Abdullah Ali, Direktur PDAM dan Para Direksi PDAM, Kabag Ekonomi, Kabag Hukum, Kabag Prokopim.**
Sumber berita (Sub Bag. Dokumentasi Dan Publikasi Pimpinan Bag. Prokopim Setda Banggai/M.Ales)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here