Bupati Siap Fasilitasi KUR Untuk Petani Lumpoknyo dan Kamumu

32

LUWUK- Kagum atas keuletan dan keberhasilan kelompok tani cabe merah dan tomat di Desa Lumpoknyo dan Salodik, Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka menawarkan untuk membantu memfasilitasi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dukungan pemimpin berjiwa sosial tinggi ini setelah melihat secara langsung panen perdana atas program binaan Dinas Ketahanan Panggan Kabupaten Banggai dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulteng, Kamis (26/8) di perkebunan Keles.

“Apabila berminat mendapat KUR untuk pengembangan usaha, saya akan memfasilitasinya”, ungkap bupati dihadapan kelompok tani tersebut.

Selain itu Amirudin juga mengingatkan agar kedua desa itu segera membentuk Badan Usaha Desa (Bumdes) mengingat pemerintah daerah akan mendorong permodalan sejumlah Rp.500 juta.

“Saya berharap kedepan Desa Lumpoknyo dan Salodik segera membentuk Bumdes”, ujar bupati mengingatkan.

Untuk itu, ia juga berharap agar kelak nanti suntikan permodalan tersebut diharapkan Bumdes bisa dikelolah dengan baik sehingga akan dapat berkembang sesuai dengan harapan pemerintah daerah.

Diakui bahwa, dalam momentum ini ia sangat senang dan bangga terhadap keuletan kelompok tani Kembang Tani Desa Lumpoknyo dan Cahaya Tani Salodik. Untuk itu, panen perdana dijadikan motivasi lebih baik lagi agar program pemerintah yang dialokasikan benar-benar membawa asas manfaat baik bagi petani, minimal untuk keluarganya, pintahnya.

Sementara pada bagian lain sambutan, bupati juga mengingatkan supaya hal-hal teknis yang telah disampaikan dan disosialisasikan oleh para PPL harus diterapkan dalam pengelolaan dan manajemen pertanian demi untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kegiatan panen raya tomat dan cabe merah ini merupakan output dari program pemerintah yang dialokasikan untuk bantuan ketahanan pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulteng. Bantuan Program Family Farming atau pertanian keluarga bekerja sama dengan pemerintah provinsi merupakan program yang berkesesuaian dengan Misi Pemerintah Kabupaten Banggai.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here