Camat Bunta Kaget, Ada Warganya Mengidap HIV

0
255

B NET – Berdasarkan hasil pemeriksaan pihak Puskesmas Bunta, salah satu warga kelurahan Bunta I, positif mengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus atau disebut (HIV). Hal ini diketahui setelah pasien menjalani pemeriksaan di Puskesmas Bunta beberapa waktu lalu.

Camat Bunta Ismed Madhika Wardhana, S, Stp Senin (24/9) kepada sejumlah wartawan mengaku kaget dengan hal itu sehingga harus dilakukan pengobatan lanjut di RSUD Luwuk Banggai.

“Saya juga kaget, adanya laporan, ada warga dibawah umur itu, terinveksi HIV” tuturnya.

Lanjut Ismed, kasus ini pernah terjadi pada tahun kemarin, hanya saja pasien tersebut adalah pendatang dan bukan orang Bunta. “Makanya saya tidak menyangka hari ini ada warga saya yang terinveksi HIV”, ungkap Camat.

Ismed berujar, akan membentuk tim bersama Puskesmas Bunta untuk mencegah dan mengantisipasi penularan penyakit berbahaya ini. Kiat tersebut akan dilakukan dengan cara mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, termasuk menghimbau orang tua supaya mengawasi serta mengontrol pergaulan anak mereka.

“HIV ini bukan isu lokal lagi, tapi isu dunia yang harus dicegah penularanya”, tegasnnya.

Ini sudah merupakan tanggung jawab kita semua termasuk rekan – rekan wartawan untuk mempublikasikan bahaya HIV, demikian harapnya.

Sementara Kepala Puskesmas Bunta, Dr. Virmont Pakaya membenarkan jika ada pasien pengidap HIV dan telah di rujuk ke RSUD LUWUK Banggai. Lanjut Virmon dirinya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai terkait penyakit ini dan masih menunggu alat yang akan digunakan saat turun lapangan nanti.*(zl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here