Comdev JOB Tomori, Jaminan Cerah Kehidupan Suku Terasing Loinang

14
LUWUK – Ada empat point terpenting dalam program pemberdayaan masyarakat (community development) yang kini tengah dilakukan JOB Tomori selaku pihak Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dibawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang berlokasi di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
” Saat ini kami tengah mendorong percepat program dibidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan lingkungan”, ujar Comdev Section Head JOB Tomori, Yudi Yanto saat melangsungkan penijauan kegiatan pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) Loinang di Dusun Tombiobong Desa Maleo Jaya Kecamatan Batui Selatan Kabupaten Banggai Sulteng, Minggu (30/5).
Kegiatan ini dihadiri Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas, Damar Setyawan, Relation, Security & Comdev Manager JOB Tomori, Agus Sudaryanto, Relation & Land Matters Section Head, Ruru Rudianto A. Sartoko juga staf Kehumasan SKK Migas  dan JOB Tomori.
Menurut Yudi Yanto, sejak tahun 2020 JOB Tomori bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Banggai untuk melakukan program community development dalam bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi serta dan pelestarian lingkungan.
Khusus untuk peningkatan kesehatan dilakukan dengan  dengan pemberian Nutrisi Tambahan Anak (NUTANAK) guna mencegah stunting di KAT Loinang. Hal ini sejalan dengan program kerja Pemerintah Kabupaten Banggai untuk aksi integrasi Banggai Menuju bebas stunting. Selain itu katanya, JOB Tomori juga melakukan program peningkatan kualitas pendidikan dengan pembangunan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tombiobong beserta sarana permainan edukasi anak-anak.
Untuk program pemberdayaan ekonomi dan pelestarian lingkungan JOB Tomori memberikan peningkatan kapasitas masyarakat melalui edukasi dan fasilitasi perkebunan KAT Loinang yang dibagi dalam dua kategori tanaman jangka pendek berupa bawang merah dan tanaman jangka panjang penanaman lada.
Melalui giat tersebut diharapkan masyarakat KAT Loinang dapat terus meningkatkan kualitas kehidupannya untuk lebih mandiri memenuhi kebutuhan hidupnya dan berkelanjutan dalam jangka panjang demi pengembangan kualitas generasi berikutnya.
Rencana program kedepannya JOB Tomori akan terus melakukan pendampingan dan pemberdayaan kepada KAT Loinang serta menyediakan akses air bersih kepada semua rumah penduduk sebagai program prioritas untuk pencegahan stunting, karena saat ini hanya sebagian kecil penduduk yang sudah memiliki akses air bersih dan MCK yang baik, demikian terang Yudi Yanto.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here