Dandim 1308/LB Irup Sumpah Pemuda ke 91

0
37
BNET – Bertempat di Lapangan Upacara  Makodim 1308/LB Jalan Samratulangi Kelurahan Bungin Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, dilaksanakan kegiatan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019.
Pada moment tersebut, Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda, SE bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).
Sebagai Perwira Upacara, Pasi Pers Kodim 1308/LB Kapten Inf Ramli, serta Dan Tepbek Luwuk Lettu Cba Arifianto  bertindak sebagai Komendan Upacara.
Untuk pesertanya terdiri dari, kelompok Perwira 1 SST yang terdiri dari, Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo, Kaminvetcad Luwuk, Mayor Chb Ramli Hasan, Dankipan C Yonif 714/SM Lettu Inf Zulfikar Ali Nugroho kemudian Danramil 1308-01/Luwuk Kapten Inf Supartono serta para perwira staf Kodim 1308/LB.
Sementara untuk krlompok Bintara dan Tamtama, Ba dan Ta Kodim 1308/LB 2 SST, Ba dan Ta Kipan C Yonif 714/SM 1 SST dan PNS TNI AD Kodim 1308/LB 1 SST.
Pada kesempatan tersebut, Dandim 1308/LB  membacakan amanat  Menpora RI yang intinya ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Tokoh Pemuda (1928) yang telah mempelopori kemerdekaan RI.
Pada peringatan kali ini mengangkat Thema” Bersatu Kita Maju”. Melalui hal itu ditegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan tahun 1928 bahwa dengan persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
Dalam pesan yang dibacakan ini juga mengingatkan pesatnya perkembangan teknologi infomasi yang diibaratkan dua mata pisau. Satu sisi memberikan kecepatan informasi namun disisi lain dapat berdampak negatif destruktif, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme/terorisme.
Hal ini dengan mudah masuk apabila pemuda tidak dapat membendung/filter dengan ilmu pemgetahuan karakter positif. Dilandasi dengan Imtaq, moral, integritas tinggi, jujur, disiplin, kerja keras, tulus ikhlas  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diharapkan mampu berperan aktif di kanca Internasional.
Tema Bersatu Untuk Maju sesungguhnya diperuntukan kepada seluruh elemen bangsa Indonesia.
Dalam pesan yang dibacakan Dandim itu juga mengungkit tentang lahir generasi muda yang memiliki pola pikir serba cepat, instan, lintas batas, cenderung individualistik/gramatik. Canggihnya Iptek dengan adanya Sosmed dan berinteraksi 1 x 24 jam telah menjadi tempat favorite anak muda lintas negara, lintas budaya dan lintas agama. Disinilah diharapkan peran pemuda agar dapat bersaing yang tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara.
Olehnya itu, ucap Dandim pada teks pidato Menteri ini mengingatkan bahwa Kita harus mampu memberikan warna  untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat yang didukung oleh Iptek. Harapannya bagaimana  Generasi muda merespon suatu kemajuan dengan menghargai kearifan lokal serta keluhuran perjuangan generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romatisme masa lalu.
Tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan demi menyongsong masa depan yang lebih baik.
“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide,tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan sia-sia dalam mengubah dunia”, ujarnya.
Tex pidato ini juga mengingatkan agar para pemuda Indonesia teruslah menjadi obor penyemangat pengabdian dalam ikut berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air Indonesia tercinta di kanca dunia Internasional.
Diakhir pidatonya diamanatkan kembali bahwa melalui momentum ini semoga menjadikan kita untuk selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa serta jasa para pahlawan, semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan ridhonya kepada kita semua.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here