Dandim 1308/LB Kunjungi Koramil Batui

0
39
BNET – Komandan Komando Distrik Militer ( DANDIM ) 1308/Luwuk Banggai Letkol Inf Fanny Pantouw dan Ketua Persit KCK Cabang XXII Kodim 1308/LB Ny. Arisanti Pantouw melakukan kunjungan kerja di Kantor Koramil 1308-03/Batui (17/1).
Dandim beserta ibu didampingi rombongan diantaranya, Pasi Opsdim 1308/LB, Kapten Inf Hamdja, Pasi Inteldim/Pjs. Danunit Inteldim 1308/LB , Lettu Inf Dumanauw Lahope, beserta Wakil Ketua Persit KCK Cabang XXII Kodim 1308, Lintje Roti Patambo.
Pada kunjunganya Dandim bersama Ibu beserta rombongan disambut oleh Danramil 1308-03/Batui Kapten Inf Dwi Karyo Basuki dan Ketua Persit KCK Ranting 4 Koramil -03/Batui.
Dalam kesempatan tersebut Dandim  menyampaikan beberapa amanan yang bersifat pembinaan, arahan dan penekanan yang intinya  bahwa harus selalu menjaga stabilitas keamanan di wilayahnya dan saling bekerja sama, katanya.
Disamping itu Dandim berpesan bahwa harus bisa mencegah perfektif. Apalagi di wilayah Koramil-03/Batui ada peti kemas, hal ini juga terpantau dari jakarta, keselamatan di lining sektor yang ada di wailayah ini dan keselamatan pabrik yang merupakan devisa daerah maupun negara.
“Jadi kita harus tetap menjaga, selalu siaga, tunjukan profesionalisme kita dalam bertugas. Tunjukan bahwa institusi kita memiliki disiplin yang tinggi serta selalu kita pertahankan”, terang Dandim.
Pada bagian lain pesanya, Letkol Inf Fanny Pantouw juga menekankan bahwa sehubungan dengan masyarakat yang ada di wilayah ini, harus membangun kedekatan dengan masyarakat dan harus membantu serta mempeloporinya dengan baik. 
“Jika ada masyarakat yang melaporkan hal-hal yang dapat memecah belah kita dan masyarakat, maka selaku aparat Babinsa harus memonitor dengan baik dan gunakan jaring kita agar dapat melaporkan suatu informasi permasalahan atau hal-hal lain, maka selaku Babinsa harus dapat berkoordinasi dengan baik dengan langkah yang tepat guna mencegah hal-hal yang tidak diharapkan bersama”, bebernya.
Pada bagian lain arahan, Dandim mengatakan bahwa tunjukan kepada masyarakat kalau Bahinsa selaku aparat terotorial dapat memberikan pelayanan yang baik dan selalu memberikan senyum tertorial kepada masyarakat.
Disamping itu katanya sehubungan dengan tugas pemantauan, harus bisa melihat dan membaca situasi dari kejadian-kejadian misalnya ada radikalisme yang belum sepenuhnya dihilangkan, jadi harus benar-benar memantau pergerakan mereka dengan melalui kegiatan yang melibatkan komponen pendukung masyarakat sebagai sumber untuk dapat mencegah munculnya radikalisme di daerah ini.
“Olehnya itu kita harus selalu menjaga penampilan, jaga sikap dan selalu baik-baik dengan masyarakat”, demikian tekannya.
Lanjut komendan Kodim ini, sehubungan dengan keluarga, diharapkan agar dapat menjaga serta membina keluarga dengan baik, dimana pemerintah telah memberikan kesejahteraan, dengan gaji yang cukup dan ada tunjangan kenerja, olehnya itu harus memenets dengan sebaik-baiknya dan bersyukur, sehingga akan dapat menikmati  kebahagiaan. “Jangan selalu merasa kekurangan, karena jika kita selalu merasa kukurangan maka akan
selalu berkekurangan dan tidak pernah akan mensyukuri apa yang telah kita dapatkan. Olehnya harus syukuri apa yang telah didapatkan”, tekan Dandim lagi.
Nenurutnya aparat teritorial adalah tokoh yang dijadikan sebagai contoh kepada masyarakat, dimana Tentara atau Babinsa adalah sebagai tokoh yang terpelajar yang dapat di dengar.
“Babinsa mampu mengurus keluarga berarti mampu mengurus dan membina masyarakat. Jadi inilah tugas dari aparat teritorial. Beda dengan satuan tempur seperti Batalyon, dimana setiap harinya berlatih tempur”, ungkapnya.
Olehnya itu, Babinsa adalah  tokoh masyarakat di daerah atau di Desa, ada juga Babinkamtibmas, ada Lurah, Camat dan Kades. Jadi dengan ada ini masyarakat dapat melihat bahwa tokoh-tokoh ini kompak. Jika potensi itu ada dan para tokoh kompak, maka masyarakat tidak dapat memprofokasi.
“Ingat, jangan sampai kita terprofokasi atau terpengaruh adanya upaya yang dapat memecah belah hubungan yang harmonis antara TNI dan Polri, sebab Polri adalah rekan kerja kita”, tandas Dandim.
Untuk itu dalam rangka mendukung tugas pokok satuan, harus tetap membantu Pemda dalam rangak medukung program pemerintah daerah guna meningkatkan pembangunan. Pemda selaku komponen utama dan Kodim 1308/LB selaku komponen cadangan tugas kita adalah membantu Pemda. Sehingganya Pemda selaku komponen utama harus menciptakan suasana yang baik, dengan menciptakan suasana yang baik maka hal ini akan menunjang dan meningkatkan pertahanan negara.
Pada kesempatan sama Dabdim juga berpesan bahwa, bekerja di wilayah satuan sudah terprogram dari Mabes TNI. Sebagai Satuan tugas teritorial ( Satgaster ) seperti Babinsa langsung dikendalikan oleh Mabes TNI karena tunjangan Babinsa didapatkan dari anggaran Mabes TNI dan bukan anggaran dari Angkatan Darat, sebab Opster Babinsa di kendalikan oleh Mabes TNI, jelasnya.
Oleh karena itu, setiap perbuatan dilapangan baik Prajurit dan keluarga ditengahi oleh Angkatan Darat dan kita sebagai Angkatan Darat harus menjaga nama baik selaku Tentara dan institusi, perbuatanta akan langsung termonitor dimana-mana termasuk keluarga srndiri.
“Jadi, keluarga dan prajurit adalah duta-duta Angkatan Darat, kita harus menjaga nama institusi TNI Angkatan Darat. Kita harus membesarkan nama baik instutusi”, terang Dandim lagi.
Disamping itu Dandim juga menyentil terkait Narkoba, apa bila mengetahui pelaku pengedar atau pemakai, harus dilaporkan, jika tidak melaporkan maka dikenakan Pasal.
“Jadi para anggota harus melaporkan aktifitas narkoba di wilayahnya, apalagi kalau sudah meresahkan masyarakat”,katanya. Jadi harus bereaksi untuk menghentikan peredaran narkoba. Sebab anak-kita juga yang berada di wilayah kita baik di sekolah SMA, SMP dan juga di SD, harus berantas dan hindarkan jangan sampai mereka terjerumus dalam pergaulan bebas dan dapat mengkomsumsi narkoba sehingga menyebabkan pemikiran mereka sudah tidak logis, mudah melakukan hal yang negatif termasuk juga dalam keluarga TNI. Maka dari itu harus memerangi narkoba bersama komponan masyarakat untuk saling membantu dalam pemberantasanya, demikian Dandim.* pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here