Dandim 1308/LB Sosialisasi Pembinaan Peran LSM, Ormas dan OKP

0
182

B-NET. Dandim 1308/LB, Letkol Inf Nurman Syahreda SE, sampaikan sosialisasi tentang pembinaan peningkatan peran LSM, Ormas dan OKP, dengan tema “Dalam Bingkai NKRI” Senin (3/9).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Dinasti tersebut diselenggarakan oleh Kesbangpol kabupaten Banggai yang diikuti sekitar 75 orang peserta berasal dari berbagai elemen masyarakat.

Giat tersebut juga dihadiri Wabup Mustar Labolo, Sekban Kesbang Pol Drs Arif Rahman Makmur, Ketua LVRI Arifin Korua, Ketua LSM Yasfora Aswan Ali SH, Ketua KNPI Irfan Bungadjim, Ketua gereja Adven Luwuk Hendrik Tapiy dan Feri Saadjat Ketua Gerakan Masyarakat Peduli untuk rakyat (Gempur).

Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda SE mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melakukan pembinaan kepada Ormas, LSM dan OKP guna meningkatkan perannya untuk mendukung dan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Lanjut Dandim, jika bekal pengetahuan dan pemahaman yang kita miliki dapat di gunakan dalam memantapkan semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa guna menciptakan dan memelihara iklim yang kondusif. Dengan hal demikian perlu adanya keharmonisan antar pemerintah Ormas dan LSM.

“Untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa perlu adanya koordinasi yang yang baik antara pemerintah dan seluruh unsur masyarakat”,ujar Dandim.

Lebih jauh dikatakan Dandim, Dalam pelaksanaan kegiatan TNI juga tidak semata-mata untuk kepentingan umum dan tidak juga hanya untuk kepentingan para anggota sendiri melainkan untuk kepentingan NKRI.
Ormas dan LSM juga memiliki fungsi menjaga stabilitas politik dan sosial, ormas dan LSM sebagai penengah kepentingan yang terjadi diantara kelompok masyarakat sehingga dapat meminimalisir potensi konflik sosial.

Salah satu peran ormas dan LSM yang sangat strategis yaitu sebagai penopang pembangunan di Indonesia karena ormas dan LSM merupakan perwujudan dari masyarakat sipil yang berfungsi menjembatani, memperjuangkan dan membela kepentingan rakyat.

Demi mantapnya stabilitas nasional dan terlaksananya pembangunan nasional sekaligus sebagai upaya penciptaan suasana yang aman, tentram, tertib damai dan sejahtera diperlukan upaya pengelolaan kemajemukan secara konfrehensip dan holistik serta multidimensi yang melibatkan partisipasi seluruh komponen Bangsa, ujarnya.

Ormas, OKP dan LSM merupakan mitra kerja pemerintah dalam Mewujudkan cita-cita bersama yang tujuan utamanya adalah ketentraman masyarakat dan ketertiban bangsa.

Di tengah-tengah masyarakat, Ormas Okp dan LSM di harapkan dapat menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat berbangsa dan bernegara dengan berorientasi pada pencapaian tujuan pembangunan nasional.
Harus kita akui Ormas, LSM memiliki peran menyalurkan aspirasi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dan wadah menjalankan aktifitas roda pemerintahan.

Menurut Dandim, kita semua menyadari bahwa tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan penyelenggaraan pemerintahan yaitu tata kelola pemerintahan yang baik.

Untuk mencapai hal tersebut tiga pilar harus dipenuhi yaitu masyarakat, pemerintah, dunia usaha/swasta dan tokoh-tokoh perorangan semua pilar tersebut bukan saling melemahkan melainkan saling bersinergi dan memperkuat dengan peran dan kedudukan masing-masing.

Pemda Banggai terus menjalin komunikasi dengan berbagai organisasi kemasyarakatan dalam rangka mencari solusi atas persoalan pembangunan yang ada. Pemda berharap kepada kalangan Ormas, OKP dan LSM untuk terus berkiprah dengan menguasai berbagai persoalan yang kita hadapi di daerah kita ini.

“Saya berharap agar Ormas, OKP dan LSM dapat menjadi motor penggerak bagi terlaksananya suasana kondusif dalam pembangunan di kabupaten Banggai”tutup Dandim.*(RAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here