Ditangan Bupati Amirudin, Banggai Terpilih Bappenas Terbaik Dalam Pembangunan Daerah

JAKARTA – Kabupaten Banggai menjadi Kabupaten terbaik ke dua dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 Yang diselenggarakan Kementerian PPN/ Bappenas, adapun Kategori Yang dinilai adalah Perencanaan Dan Pencapaian Pembangunan.
Kabupaten Banggai dianggap berhasil menyiapkan perencanaan Berkualitas dalam membangun Daerah  dengan lebih baik.
Untuk aspek pencapaian, Kementerian  PPN/Bappenas Menilai bahwa Pemerintah Kabupaten Banggai yang kini dipimpin Bupati, Ir. H. Amirudin dinilai berhasil mengendalikan kemiskinan di masa Pandemi Covid 19, dengan dukungan Croos Cutting Program diantaranya Program Penanggulangan Kemiskinan, Pencegahan Stunting dan Pengembangan Pariwisata.
Sementara aspek perencanaan Kabupaten Banggai dianggap Mendukung secara penuh Program Prioritas Nasional Yang tertuang dalam RKPD.
Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) diberikan kepada Pemerintah Daerah adalah sebagai bentuk apresiasi Kementerian Bappenas dalam menghasilkan Perencanaan Yang Berkualitas, Pencapaian target target Pembangunan Daerah, dan juga Inovasi Pembangunan Yang telah dilakukan oleh Daerah.
Bupati Banggai Ir. H. Amirudin didampingi oleh Kepala Bappeda Ramli Tongko menerima Penghargaan Pembangunan Daerah Sebagai Kabupaten Terbaik II Kategori Perencanaan dan Pencapaian.
Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.
Acara Penerimaan Penghargaan Tersebut di gelar di Gedung Bappenas, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (25/11). Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Ombudsman RI Muh. Najih, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Bengkulu, serta sejumlah kepala daerah lainnya.
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memuji sejumlah kepala daerah yang dianggap membuat kebijakan baru untuk mempercepat pembangunan di daerah masing-masing. Dia berharap daerah lain bisa meniru daerah-daerah yang berprestasi ini.
“Banyak saya lihat beberapa daerah melakukan inovasi-inovasi kebijakan dan inovasi kebijakan ini seyogianya bisa di-copy paste oleh daerah-daerah yang lain dan dengan demikian mudah-mudahan inovasi kebijakan itu tentu disesuaikan dengan keadaan, dengan situasi, dengan gaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah,” jelasnya
Dia juga menyerahkan buku Knowledge Sharing Pembangunan Daerah kepada Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Gubernur Sumbar, Gubernur Bengkulu, Bupati Bangka Riza Herdavid, Bupati Banggai Ir. H. Amirudin dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.
Terpisah Bupati Banggai Ir. H. Amirudin mengatakan, penghargaan PPD 2021 ini akan menjadi motivasi sekaligus pelecut Pemerintahannya kedepan.
“Penghargaan PPD ini akan menjadi pelecut dan motivasi kami untuk bisa konsisten dalam merencanakan Pembangunan Daerah dengan baik kedepan” ungkap Bupati.
Bupati juga mengapresiasi para ASN, dan perangkat daerah  yang sudah mampu menunjukkan kinerja terbaik dalam membuat perencanaan pembangunan di Kabupaten Banggai,
“Harapan kami, bukan hanya sekedar mendapatkan penghargaan, tetapi kembali ketujuan semula, bahwa perencanaan pembangunan daerah yang disusun harus benar-benar mendorong pembangunan di Kabupaten Banggai dan paham benar mengenai Visi Misi kami” tegas Bupati.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *