Duta Korea dan Filipina Semarakan Festival Teluk Lalong Luwuk

LUWUK – Karnaval budaya yang merupakan rangkaian awal kegiatan Festival Teluk Lalong (FTL) 2022 Luwuk diikuti oleh duta wisata dari Negara Korea Selatan dan Fhilipina.

Kehadiran delegasi negara asing tersebut semakin menyemaraknya suasana event pariwisata di Kabupaten Banggai tahun ini.

Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili, secara resmi melepas sebanyak 41 rombongan atau delegasi peserta karnaval di Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk, Rabu (24/8/2022) sore.

 

Sementara selain Korsel dan Filipina delegasi dari Malaysia juga telah menyatakan kesiapannya untuk hadir menyemarakkan ajang festival ini, sekalipun saat itu mereka belum sempat mengikuti acara karnaval.

Dalam sambutannya, Wabup Furqanuddin mengatakan, FTL 2022 merupakan ajang promosi wisata yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata di Banggai, terutama wisatawan mancanegara, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat juga diharapkan akan meningkat.

 

“InsyaAllah, budaya yang kita promosikan ini akan menjadi perhatian dari mancanegara, sehingga wisatawan mancanegara beramai-ramai datang ke Banggai. Tentunya ini akan membawa dampak yang postitif, utamanya dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Banggai,” tutur Wabup Furqanuddin sebelum melepas para peserta karnaval.

Dari keragaman budaya yang ditampilkan, Wabup Furqanuddin merefleksikan bahwa persatuan dan kesatuan di Kabupaten Banggai senantiasa terjaga.

 

“Walaupun berbeda-beda budaya dan etnis, tapi kita tetap satu,” ujarnya.

Setelah melepas para peserta, Wakil Bupati lantas menuju Jl. Ir. Soekarno, depan rumah jabatan bupati, bergabung bersama jajaran Pemkab Banggai dan Forkopimda yang telah bersiap menyambut seluruh peserta karnaval budaya.

 

Marching band SMAN 3 Luwuk mengawali iring-iringan peserta karnaval yang mengenakan busana khas dari beberapa etnis yang ada di Banggai, seperti Andio, Saluan, Balantak, Banggai, Sea-sea (Banggai Kepulauan) maupun dari etnis lain. Beberapa di antaranya seperti etnis Bugis, Makassar, Kaili, Mori, Minahasa, Minang, Jawa, Maluku, dan lainnya.

Adapun rute yang dilewati para peserta, yakni dari Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk menuju pertigaan Kantor PLN Luwuk, dan berbelok ke arah Tugu Adipura. Selanjutnya, melewati Jl. Ir. Soekarno depan rumah jabatan bupati. Di hadapan Wabup dan jajaran Pemkab Banggai, setiap delegasi menampilkan atraksi seni seperti tari-tarian dan permainan tradisional.

 

Dari situ, peserta berbelok ke arah jalan di depan Kantor Camat Luwuk, lalu menuju Graha Pemda dan berakhir di Astaka depan Masjid Agung AnNur Luwuk. Dengan berjalan kaki, para peserta karnaval disambut meriah oleh masyarakat yang memadati sejumlah titik trotoar di sepanjang rute karnaval.

Festival Teluk Lalong 2022 akan dibuka secara resmi pada Rabu (24/8/2022) malam di Ruang Terbuka Hijau Teluk Lalong.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button