Hari ke 6 Pasca Banjir, Babinsa 1308-3/Batui dan Masyarakat Bangun Tanggul Darurat di Sungai Tolisu

0
65
BNET- Babinsa Koramil 1308-03/Batui dan Babinkamtibmas Polsek Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, (23/7) di Desa Bukit Jaya bersama masyarakat bahu-membahu membuat tanggul darurat penahan air di aliran Sungai Tolisu.
Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar debit air deras yang mengarah ke tanggul penahan irigasi tidak jebol sebab saat ini tanggul sudah mulai longsor terkikis resapan air.
Giat tersebut merupakan rangkaian mitigasi bencana banjir, sebab hingga saat ini diwilayah tersebut masih terus diguyur hujan, sehingga mengalami peningkatan debit air sungai.
Dalam giat ini, selain dihadiri Babinsa Koramil 1308-03/Batui, Serda Eko Apriyanto dan Bhabinkamtibmas Polsek Toili, Aipda Hendrik, juga hadiri Kades Bukit Jaya Bpk Sutaji, Aleg terpilih DPRD Kabupaten Banggai dari PDIP Sucipto, Aparat Desa Bukit Jaya dan Masyarakat berjumlah sekitar  450 orang.
Info yang dihimpun melalui Koramil Batui menyatakan, sasaran dan tujuan pembuatan tanggul yakni untuk penahan sementara naiknya debit air sungai Tolisu sehingga air tidak terlalu kencang mengenai tanggul pengaman desa yg sudah terkikis oleh air. Mengingat jika hal ini dibiarkan terhadi dan kemudian jebol tentu akan mengakibatkan terendamnya perumahan warga dan area persawahan di Desa Bukit Jaya  dan juga area persawahan di Desa Tolisu dengan hamparan luas area persahawahan sekitar 200 Ha.
Adapun material yang digunakan untuk pembuatan tanggul darurat secara manual yakni, pasir dan batu yang di masukan kedalam karung sebagai penahan air.
Sementara itu ditempat lain untuk kegiatan anggota Koramil Batui pada Hari Ke 6 pasca bencana banjir di kecamatan Moilong masih terus berlangsung karya bakti. Salah satu sasaran yakni Mesjid Al-Mumin Desa Karanganyar Moilong. Dalam giat ditempat itu yakni, membersihkan dan meratakan tumpukan  material serta memperbaiki pagar mesjid yang rusak.
Selain itu meratakan dan menimbun bahu jalan raya yang menghubungkan Desa Karanganyar dan Desa Sido Mukti Moilong.
Untuk personil yang terlibat yakni dari TNI Koramil Batui 20 orang, Polri anggota Polsek Toili 20 personil, masyarakat 20 orang serta partisipasi karyawan PT. API dan PJE group sebanyak 10 orang beserta alat beratnta berupa Greder dan dum truck 3 unit. Kegiatan ini dihentikan pada pukul 14.00 wita karena kondisi hujan deras.* pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here