Hilangnya 9 Penumpang Kapal Garuda Jaya Tengah Dilacak Tim SAR TNI Koramil Banggai dan Labobo Bangkurung

0
68
BNET –  Pencarian 9 penumpang yang dikabarkan hilang terhadap kecelakaan Kapal Layar Motor (KLM) Garuda Jaya
03 pada (25/8) di perairan Kabupaten Banggai Laut Sulteng, hingga tengah dilakukan pencarian oleh Tim SAR yang melibatkan unsur TNI.
Mengingat masih terdapat 9 orang penumpang yang belum ditemukan.
Hasil kordinasi aparat TNI dengan,  KPLP Syahbandar Luwuk Nu’man Larau menyatakan, awalnya kapal yang terbuat dari kayu itu diketahui layak berlayar. Hal tersebut sesuai dengan hasil pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh Syahbandar. Selain itu,  juga kapal baas ini rutin melakukan pemeriksaan dokumen (perpanjangan dokumen) dan dilakukan pemeriksaan.
KLM Garuda Jaya merupakan kapal barang yang biasa mengangkut bahan sembako dan lain-lain.
Pada saat pemeriksaan yang dilakukan oleh Syahbandar sebelum berangkat pada 22 Agustus 2019 diketahui jumlah ABK sebanyak 4 orang. Namun terkait jumlah yang didata oleh Basarnas sejumlah 14 orang. Hal ini dimungkinkan ada penumpang lain yang dinaikan setelah dilakukan pemeriksaan oleh Syahbandar.
Olehnya itu terkait dengan perbedaan data penumpang pada saat dilakukan pemeriksaan pihak Syahbandar/KpLP Luwuk bahwa jumlah crew dan nahkoda hanya 4 orang, sementara pada saat terjadinya Karam ternyata penumpangnya sudah berjumlah 14 orang yang terdiri dari 5 orang selamat dan 9 orang masih dalam pencarian. Sehingganya dapat dipastikan pihak Kapal telah mengangkut penumpang tanpa adanya konfirmasi ulang kepada pihak Syahbandar/KPLP Luwuk.
Pencarian penumpang KLM. Garuda Jaya 03 oleh pada hari minggu (25/8) 9 orang yang hilang belum juga ditemukan.
Selanjutnya  untuk rencana pencarian Korban akan berlangsung Senin (26/8) dengan menyisir  dari Pelabuhan Banggai Laut.
Tim SAR gabungan terdiri dari, Possar Luwuk, BNPB Banggai Laut, Anggota TNI Koramil 1308 – 08/Banggai 4 personil serta Anggota TNI Koramil 1308 – 09/ Lo Bangkurung 2 orang.* pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here