HUT Ke-74 KESAD Gelar Donor Darah

0
49
BNET – Bertempat di lapangan apel Balakaju tepatnya di depan Poliklinik Kesehatan (POLKES) Kec. Luwuk Kab. Banggai, (8/10) berlangsung kegiatan Donor Darah. Kegiatan ini serangkaian dengan memperingati HUT Ke-74 Kesehatan Angkatan Darat (KESAD) Tahun 2019.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1308/LB, Mayor Inf Red Abner Patambo, Unit Transfusi Darah Kab. Banggai, dr. Rasmina Mahmud selaku konsultasi Polkes 13.10.03 LB. Disamping itu juga hadir BP Polkes 13.10.03 LB, Kapten (K) Ckm Ria Ferany, Danramil 1308-01/Luwuk, Kapten Inf Supartono, Pasi Ops Kodim 1308/LB, Kapten Inf Ardiansyah dan Kapolkes 13.10.03 LB, Peltu Silvanus.
Nampak dalam kegiatan ini para Anggota dan PNS Kodim 1308/LB  dan Balakaju, personil Polkes Kodim 1308/LB, tim medis, Unit Tranfusi Darah serta Ibu-ibu Persit KCK Cabang XXII Kodim 1308 dan Persit KCK Ranting Titipan dan para peserta donor darah yang terdiri dari TNI/ Polri, OPD, BUMN, Universitas, Ormas dan masyarakat.
Sebelum melakukan donor darah terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan senam oleh gabungan Persit KCK Cab. XXII Kodim 1308 dan Persit Ranting Titipan dansetelah itu dilaksanakan pemeriksaan kesehatan (Tensi) kepada peserta donor darah dan kemudian dilakukan donor bagi mereka yang bersyarat.
Jumlah peserta donor darah yang terlibat saat itu dari, Kodim 1308/LB   54 orang, Koramil 1308-01, 12 orang, Kipan C Yonif 714/SM 25 orang serta Pos TNI-AL Luwuk 4 orang. Selain itu juga terlibat, Sub Rayon Batalyon B  Brimobda Sulteng di Luwuk 15 orang pendonor, Tepbek XIII-44-02 Luwuk  8 orang, Subdenpom XIII/2-3,  2 orang kemudian Damkar Banggai 15 orang, dari pihak Bank Mandiri    8 orang, Untika/FKM Luwuk 25 orang, FKPPI Kab. Banggai 10 orang serta masyarakat umum 30 orang.  Adapun jumlah keseluruhan peserta : 208 orang.
Hasil dari donor darah didapatkan sebanyak 52 org yang memenuhi syarat dengan mengumpulkan 52 kantong darah.
Pada kesempatan kegiatan  tersebut, Kapolkes Peltu Silvanus memberikan keterangan terkait pelaksanaan kegiatan Donor Darah yang bertema “Dengan Prajurit Kesehatan Yang Unggul dan Profesional, Kita Wujudkan Kebesaran Dan Kemajuan Kesad.” Hal ini merupakan wujud kepedulian TNI untuk membantu program Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam memperdayakan serta meningkatkan pelayanan kesehatan secara berkesinambungan.
Diharapkan melalui kegiatan donor darah ini dapat mempererat tali silaturahmi antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat serta terwujudnya Ketahanan Nasional yang kokoh dan kuat bagi keutuhan Negara Kesatuan Rebublik Indonesia.
Lanjut katanya, Donor Darah yang dilaksanakan oleh Polkes 13.10.03 Luwuk Banggai bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah Kabupaten banggai dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka memperingati HUT Kesad ke-74 tahun 2019.
Pada kegiatan berlangsung para peserta yang terdiri dari TNI, Polri, Pemda melalui Instansi terkait, Ormas, mahasiswa dan masyarakat, sangat antusias mengikuti donor darah dengan sukarela memberikan darahnya, akan tetapi dari sekian banyaknya peserta tidak semua dapat diambil darahnya yang dikarenakan dari segi kesehatan yang belum memenuhi syarat.
Pada kesempatan tersebut juga, dokter Rosmina Mahmud selaku Kepala Unit Tranfusi Darah Kabupaten Banggai mengucapan selamat Hari Ulang Tahun Kesehatan Angkatan Darat ke-74, kami sangat berterima kasih dengan dilaksanakan kegiatan Donor Darah, dan untuk kedepannya kami sangat mengharapkan untuk selalu dilibatkan dalam kegiatan Donor Darah, sebab Darah sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Banggai.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here