Hutan Huhak, Poh, Salodik Terbakar. TNI Polri dan Masyarakat Padamkan Api

0
70
BNET – Hutan Desa Huhak, Poh dan Salodik dilalap si jago merah (18/9). Kali ini rembesan api mebakar dua wilayah kecamatan sekaligus yakni, Pagimana dan Luwuk Utara.
Untuk Desa Huhak Kecamatan Pagimana lokasi kebakarannya berjarak kurang lebih 5 Km dari pemukiman warga.  Kini telah dilakukan proteksi dini oleh anggota Koramil 1308-07 Pagimana dan Babinkamtibmas serta masyarakat yang dikoordinir kepala desanya melalui giat, pembersihan semak- semak hutan untuk ruang pemisah antara lahan yang terbakar dan yang belum dilalap si jago merah.
Info ini dihimpun melalui Danramil 1308/07-Pagimana, Kapten Inf. Tommy Karambut.
Aparat TNI/Polri beserta puluhan orang masyarakat Huhak dengan menggunakan peralatan sederhana mulai melakukan pemadaman sejak pukul 09.00 sampai 17.00 wita. Hal tersebut dilakukan dengan cara membersihkan lahan di sepanjang sungai yang kering dan membuat pembatasan lokasi agar api tidak merampat ke tempat yang lain. Akibat dari musibah ini kurang lebih sekitar 10 hektar hutan ludes terbakar.
Ikut dalam giat pemadaman antara lain, Babinsa 1308-07/Pagimana, Sertu Marsep. Babinkamtibmas Polsek Pagimana, Brikpol Fajrin, Kades Huhak, Nasirun Tanggkurang beserta puluhan warga.
Untuk perkembangan kebakaran hutan dan lahan api kini sudah dapat dipadamkan dan dipastikan tidak akan merambat ke tempat lain ataupun pemukiman masyarakat.
Sedangkan untuk arus transportasi di ruas jalan provinsi yang melewati wilayah desa tersebut masih lancar seperti biasa.
Sementara itu pada musibah yang sama di wilayah perbatasan Desa Poh Kecamatan pagimana dan Desa Salodik Kecamatan Luwuk Utara, dihari yang sama juga baru terdeteksi pada pukul 17.10.
Info yang dikutip melalui Babinsa Ramil 07/Pagimana Koptu Nasrun dan Babin Kamtibmas Polsek Pagimana, Brikpol Fajrin Hinelo serta Kepala Desa Poh, Milyadi Nayu yang tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 18.30 tadi menyatakan, perkembangan kebakaran api sudah merambat masuk Desa Salodik Kecamatan Luwuk Utara. Jarak Lokasi kebakaran dengan pemukiman masyarakat berkisar 8 km dan aktivitas transportasi jalan Pagimana – Luwuk masih normal.
Selain mereka berupaya untuk memadamkan api,  langkah-langkah yang dilakukan Kepala Desa Poh  yakni, melaporkan kepada perintah kecamatan Pagimana agar berkordinasi dengan pemerintah kecamatan Luwuk Utara untuk melaksanakan kegiatan pemadaman. Kemudian melaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Kabupaten Banggai untuk membantu kegiatan pemadaman. Sekalipun demikian, berkat upaya aparat TNI/Polri beserta masyarakat setempat, kini api sudah dipadamkan.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here