Ikuti Musrenbang di Palu, Bupati Amirudin Terima Penghargaan Dari Pemprov Sulteng

PALU  – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO mengikuti acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-20245 Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di Hotel Santika Palu, pada Kamis (18/4/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kabupaten Banggai mendapatkan penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024 Kategori Terbaik II dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang diterima langsung oleh Bupati Amirudin.

Momentum ini juga Bupati Banggai, Amirudin kembali mendapatkan bantuan keuangan hasil penilaian kinerja pemerintah kabupaten dalam pelaksanaan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Terintegritas Tahun 2024 senilai 200 Juta dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Plh. DirekturJenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dr. Drs. Horas Maurits Panjaitan, M.Ec.Dev mengatakan, pembangunan daerah merupakan perwujudan dari pelaksanaan Urusan Pemerintah yang telah diserahkan ke Daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional.

Sementara, Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema RKPD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2025 “Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Berbasis Komoditas Unggulan Yang Didukung Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing”.

Lanjutnya, terdapat 6 agenda prioritas diantaranya, peningkatan akses dan mutu pelayanan pendidikan dan kesehatan, kemudian mendorong peningkatan produktivitas pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan komoditi lainnya. Dalam poin ke tiga berupa, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur daerah, untuk yang berikut peningkatkan ketahanan bencana, perubahan iklim dan meningkatkan daya dukung lingkungan. Sementara di poin lima, meningkatkan tata kelola pemerintah dan yang terakhir meningkatkan kemandirian fiskal daerah.

Dalam diskusi tersebut, Bupati Banggai dan para pemangku kepentingan lainnya berkolaborasi untuk merumuskan strategi pembangunan yang berkelanjutan, inklusif, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Sulawesi Tengah.

Dalam pers rilus DKISP Banggai ini juga menyebutkan, partisipasi Bupati Banggai dalam acara ini menegaskan komitmennya terhadap proses perencanaan pembangunan yang komprehensif dan berkelanjutan.

Musrenbang itu juga diharapkan dapat menghasilkan dokumen RKPD dan RPJPD yang kuat dan berdaya saing, sehingga dapat menjadi pedoman bagi implementasi kebijakan pembangunan di masa mendatang.

Kolaborasi antara pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan daerah secara menyeluruh di Provinsi Sulawesi Tengah.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button