Issu Tsunami di Nambo, Warga Panik dan Mengungsi

0
447
BNET. Issu tsunami beredar di kalangan masyarakat Kecamatan Nambo Kabupaten Banggai Sulteng, Sabtu (29/12) sekira pukul 00.03 wita dini hari tadi. Akibat hal tersebut membuat warga yang bermukim di beberapa desa pesisir pantai panik dan mengungsi mencari tempat aman diketinggian.
Nenurut penuturan warga, hal itu dipicu oleh adanya kabar wilayah Kabupaten Banggai akan terjadi tsunami, makanya tak heran jika kemudian mereka yang tinggal di pesisir pantai sebelah selatan Kota Luwuk tersebut menjadi takut dan panik serta mengungsi ke tempat yang dianggap aman dari ancaman gelombang dasyat itu.
Darmin warga Desa Sayambongin, Kecamatan Nambo pada Banggainet.com mengatakan, kepanikan mereka itu di picu adanya issu yang tidak jelas sumbernya tentang tsunami.
“Tepat pukul 00.30 tadi malam warga sudah mulai kelihatan panik, dan berbondong-bondong menuju tempat yang di anggapnya aman,” katanya.
Berselang sesaat kemudian issu ini mulai menyebar dan diikuti oleh banyak warga kampung lain.
“Jelas issu ini sangat membuat banyak warga yang ketakutan, sampai ibu-ibu yang memiliki anak bayi juga harus meninggalkan rumahnya di tengah malam,” demikian imbuhnya.
Beruntung ketakutan dan kepanikan warga akibat kabar hoaks itu mendapat respon dari pihak Kepolisian Sektor Kintom-Nambo, yang saat itu langsung melakukan patroli sekaligus menghimbau kepada warga untuk tetap tenang dan waspada.
“Warga sudah ditemui dan dihimbau agar tidak percaya dengan adanya issu yang tak jelas sumbernya itu, namun sekalipun demikian tetaplah waspada dan jangan meninggalkan rumah,” ujar Kapolsek Ipda Deky Wahyudi SH, saat di konfirmasi Bangganet.com  via Hp.
Kapolsek berharap, warga tak mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya, sebab kondisi seperti ini berpotensi dimanfaatkan oleh oknum untuk berbuat jahat.
“Kami juga minta kepada warga lain agar membantu meredakan kepanikan masyarakat. Justru jangan tambah menciptakan situasi yang tak kondusif” tuturnya.
Setelah warga yang panik itu ditenangkan aparat satu persatu dari mereka kembali kerumah masing-masing.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here