Janji Bupati ini Tiga Wilayah di Banggai Yang Dimekarkan Jadi Kabupaten

LUWUK – Dalam pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Banggai Ir. H. Amirudin mengatakan, telah terjadi kesepahaman untuk segera mendorong terbentuknya Provinsi Sulawesi Timur (Sultim) dengan cara memekarkan dahulu beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Batui Toili, Kabupaten Bunta Bersaudara, dan Kabupaten Tompotika Raya.
“Oleh usulan-usulan prioritas dari setiap kecamatan akan kami sikapi sebaik mungkin, sehingga terjadi percepatan pembangunan yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Banggai,” ungkapnya.
Pernyataan tersebut sampaikan saat memberi sambutan dan arahan pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan RKPD 2023 dan Rembuk Stunting Kecamatan Moilong, Toili, dan Toili Barat, Selasa (22/2) di Kecamatan Moilong.
Lanjut dikatakan,  khusus dataran Toili pemerintah daerah akan memperluas dan mengeskalasi pembangunan dalam rangka mempercepat terjadinya pemekaran Provinsi Sultim ini.
“Dataran Toili akan menjadi perhatian khusus bagi kita dalam pelaksanaan pembangunan, ada beberapa jembatan yang akan kita segerakan pengerjaannya, perluasan pembangunan itu dilakukan dalam rangka mempercepat terjadinya pemekaran di daerah ini,” tutur Bupati Banggai.
Seperti diketahui dalam pertemuan dengan Gubernur Sulawesi telah terjadi kesepahaman dengan bupati yang dikenal responsif terhadap keinginan rakyatnya ini untuk segera mendorong terbentuknya Provinsi Sultim, dengan cara memekarkan dahulu beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Batui Toili, Kabupaten Bunta Bersaudara, dan Kabupaten Tompotika Raya.
Sementara dalam kegiatan ini, masing-masing camat menyampaikan program prioritas yang diperoleh berdasarkan hasil Pra Musrenbang sebelumnya, lalu arahan teknis dari Ketua Bappeda Litbang Kabupaten Banggai, Ramli Tongko, setelah itu, Ketua DPRD Banggai, Suprapto menyampaikan pokok-pokok pikiran mewakili lembaga legislatif, dan terakhir, sambutan dan arahan Bupati Banggai yang dirangkaikan dengan diskusi.
Turut hadir pada Musrenbang RKPD dan Rembuk Stunting tersebut, Wakil Bupati Banggai, H. Furqanudin Masulili, pimpinan dan anggota DPRD Banggai, Ketua TP-PKK Kabupaten Banggai, Syamsuarni Amirudin, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, para staf ahli dan staf khusus Bupati, para Asisten Setda Banggai, Kepala-Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup pemerintah Kabupaten Banggai, Unsur Forkompimcam, kepala-kepala desa, anggota-anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan dari kecamatan Moilong, Toili dan Toili Barat.*

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button