Jelang Idul Fitri, Bupati Amirudin Komitmen Kontrol Pasokan dan Harga Pangan

LUWUK – Menanggapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yang mendekat, Badan Pangan Nasional menggelar kegiatan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan untuk memastikan Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) menjelang Idul Fitri tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid offline maupun online yang diikuti oleh 38 Provinsi, dan 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Banggai.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam Apel Siaga yakni melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak yang telah resmi dibuka oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO pada Senin (1/4/2024) di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai.

“Kita berharap bahwa dalam rangka Idul Fitri tidak ada kenaikan harga secara signifikan, oleh sebab itu peran pemerintah ada untuk mengontrol semua kegiatan,” tutur Bupati Amirudin.

Bupati Banggai juga mengumumkan rencana pelaksanaan pasar murah dengan skala yang lebih besar di Lapangan Alun Alun Bumi Mutiara Luwuk pada tanggal 3 April mendatang.

Selain itu, untuk menjaga ketersediaan dan harga daging yang terjangkau akan terselenggaranya pasar murah khusus daging menjelang hari raya Idul Fitri oleh Dinas Ketapang dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Insya Allah sebagaimana yang disampaikan oleh Dinas Ketapang dan Dinas Peternakan kita akan melaksanakan pasar murah khusus daging H-2 atau H-1 menjelang hari raya lebaran,” lanjutnya “Sehingga semua harga bisa terkontrol dan seluruh masyarakat bisa menikmati Idul Fitri dengan harga yang terjangkau,” jelas Bupati Banggai.

Dalam pers rilis yang disampsikan, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai juga menyebutkan, Bupati Amirudin berkomitmen akan mengontrol perkembangan harga di pasar dan merespons dengan cepat setiap perubahan yang terjadi.

“Kami terus akan mengontrol terhadap pasar-pasar yang apabila ada kenaikan harga, maka peran pemerintah adalah memberikan harga-harga terbaik sehingga dapat dibeli oleh seluruh masyarakat,” ungkap Bupati Banggai.*/pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button