JOB Tomori Sponsori Batui Selatan Expo 2023 KWT Tonjolkan Produk Pemberdayaan 

BATUI SELATAN – Produk pemberdayaan dari Kelompok Wanita Tani (KWT) menjadi primadona unggulan yang di pamerkan ke khalayak pada acara Expo Batui Selatan 2023.
Kegiatan yang di sponsori JOB Tomori di buka Bupati Banggai, H.Amirudin (6/1). Pameran ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke 13 Batui Selatan.
Menarik dalam expo tersebut tertuju pada  giat pengelolahan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang di pamerkan melalui stand Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Batui Selatan.
Berdasarkan info BPP itu,  ada dua segmen pembinaan yang dilakukan selama ini yakni, penolahan dan budidaya.
Kalau yang bersentuhan dengan dorongan JOB Tomori kebanyakan tertuju pada sistim pengolahan. Ini telah diaplikasikan pada pembinaan pendampingan KWT berbagai desa Kecamatan Batui Selatan yang meliputi, KWT penolahan di Desa Bonebalantak yakni,  Sipamm Mase-Mase, kemudian Kalisbatan Desa Sinorang dan beberapa tempat lain seperti di Desa Masing dan lainnya.
Selain itu ada juga dorongan program yang telah di suport perusahaan kontraktor hulu migas dibawah pengawasan SKK Migas ini, terhadap
kelompok tani beras organik “Bernas”. Hasil produksinya telah memiliki serifikasi dan kinipun telah dipasarkan kebeberapa tempat bahkan ke luar daerah Kabupaten Banggai.
Sementara untuk pemeliharaan dalam menjaga serangan hama dilakukan melalui sistim penangkal yang menggunakan pestisida organik nabati yaitu Biosaka.
Selain itu ada juga program Bio Urin yang memanfaatkan pupuk dari kotoran ternak sapi. Hasilnya selain dimanfaatkan untuk pupuk juga dapat memproduksi gas kebutuhan kompor memasak bahkan hingga lampu penerangan.
Sebelumnya saat pembukaan acara tersebut selaku pemerintah daerah Bupati Banggai H.Amirudin berharap, dengan adanya program expo Batui Selatan ini tentu merupakan salah satu cara yang evektif sebagai wadah dalam memperkenalkan produk-produk unggulan asli yang diproduksi dari wilayah setempat, karena katanya hal ini akan dapat diketahui secara umum oleh berbagai lapisan masyarakat baik dari dalam wilayah Kabupaten Banggai maupun luar daerah.
Dengan demikian juga akan membuka peluang bisnis baru melalui kerjasama yang saling menguntungkan dari berbagai pihak, mengingat ada nilai ekonomis dari produk lokal yang dihasilkan, dan pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat setempat.
Terlepas dari harapan pemerintah daerah, oleh pihak JOB Tomori sendiri akan terus bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Banggai, dalam memberikan manfaat yg lebih besar kepada masyarakat, terutama kepada warga yg berada di sekitar wilayah operasi JOB Tomori.
JOB Tomori merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Kecamatan Batui Selatan, sehingga kegiatan expo dalam rangka memperingati HUT Batui Selatan ke 13 juga merupakan bagian dari kegiatan JOB Tomori, sehingga perusahaan juga ikut ambil bagian dalam mensukseskannya.
“Terimakasih kepada Pemda Banggai, Pemerintah Kecamatan Batui Selatan dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan operasi produksi JOB Tomori. Semoga program-program pemberdayaan masyarakat yang telah dijalankan JOB Tomori selama ini, memberikan manfaat berkesinambungan bagi masyarakat,” demikian ujar Relation Security & ComDev Manager JOB Tomori, Visnu Cekti Bhawono.**

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button