JOB Tomori Terus Berdayakan Suku Loinang di Pedalaman

BANGGAI – JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) hingga kini terus memberdayakan masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) Loinang, Dusun Tombiobong, Desa Maleo Jaya, Kecamatan Batui Selatan.
Jika sebelumnya telah menjalankan program penyediaan sarana dan prasarana sekolah, serta melakukan interfensi penanganan stunting dan penyediaan sarana air bersih melalui program eco water elevator, saat ini perusahaan hulu migas yang melakukan operasi produksi gas bumi di Banggai dalam pengawasan SKK Migas ini, kembali lagi menggagas program budidaya ikan air tawar, peternakan kambing dan pelatihan pembuatan pupuk organik untuk pertanian dan perkebunan.
Relation, Security & ComDev Manager JOB Tomori, Visnu C. Bhawono, Selasa (05/12/2023) mengatakan, giat ini merupakan lanjutan dari program yang sudah dilaksanakan sebelumnya yaitu penyediaan air bersih untuk melayani 32 KK.
Pada program penyediaan air bersih itu kata Visnu,  menggunakan metode eco water elevator, artinya sistem jaringan transmisi dan distribusi air memanfaatkan perbedaan elevasi sehingga air dapat dialirkan dari lokasi pengambilan (Intake) menuju lokasi tujuan.
Debit air yang dihasilkan dari sistim eco water itu ternyata melebihi kapastias yang dibutuhkan, sehingga dimanfaatkan sebagai usaha lain, seperti budidaya ikan air tawar dan menyiram tanaman perkebunan.
Saat ini, tim ComDev JOB Tomori sedang melakukan pendampingan masyarakat KAT Loinang dengan melakukan pendekata secara bertahap guna mengajak mereka berorganisasi seperti pola masyarakat pada umumnya hingga mereka membentuk kelompok tani (Poktan) Mosaangu yang diketuai Tallu dan Poktan Mohinggat dipimpin Pesawat.
“Alhamdulillah pendekatan yang dilakukan JOB Tomori kepada KAT Loinang Dusun Tombiobong sampai dengan saat diterima dengan baik oleh mereka”, terang Visnu.
Pola bertani ladang dengan sistem Nomaden yang mereka jalankan sebelumnya, mulai diberikan pemahaman agar ditinggalkan, melalui solusi pemberian pelatihan pembuatan pupuk organik, sehingga tingkat kesuburan tanah di area pertanianya dapat dipertahankan tanpa harus mereka berpindah-pindah tempat lagi.
Selain itu, juga dibuat kolam ikan dan peternakan kambing yang diprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi rumah tangga serta penunjang ekonomi keluarga,” demikian Visnu.
Sementara, Ketua Kelompok Mohinggat, Pesawat, saat diundang ke Central Processing Plant (CPP) Senoro pekan lalu, menyampaikan rasa syukurnya atas upaya yang dilakukan JOB Tomori untuk masyarakat KAT Loinang Tombiobong, karena melalui program yang sudah dijalankan, harapan keberlangsungan hidup mereka dalam jangka panjang semakin jelas, anak-anak sudah dapat bersekolah, sehingga mereka berharap pendampingan yang dilakukan JOB Tomori terus dilanjutkan.
General Manager JOB Tomori, Benny Sidik mengatakan  program yang dijalankan JOB Tomori untuk KAT Loinang, di Dusun Tombiobong, sejalan dengan upaya perusahaan melaksanakan program Environmental, Sosial & Governance (ESG) dan juga mendukung upaya pemerintah mencapai target agenda internasional yaitu, pembangunan berkelanjutan, mencakup ketersediaan air bersih, sanitasi layak, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.
“Inovasi social asih Loinang ini telah memberikan solusi yang baru dan lebih efektif, dimana inovasi tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen JOB Tomori memberikan nilai lebih kepada pemangku kepentingan termasuk masyakarakat,” pungkas Benny. (***)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button