Kades Optimis Bumdes Sayambongin Sejahterakan Rakyat

0
53

BNET – Kepala Desa Sayambongin, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, Alamsyah Lapi, optimis jika Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibentuknya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Hal itu diungkap Kades Alamsyah Lapi, pada kegiatan Work shop pengembangan BUMDES yang diselenggarakan diruang rapat Kantor Desa Sayambongin, Kamis (01/08). Pernyataan Kades Alamsyah, tersebut mendapat respon positif dari sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, maupun tokoh perempuan yang sempat hadir pada saat itu.“BUMDes hadir untuk mensejahterakan masyarakat, meningkatkan pendapatan warga dan desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki desa,” kata Kades Alamsyah.

Menurutnya, ketika BUMDes dikelola dengan inovatif, kreatif dan produktif, maka perekonomian di desa akan semakin tumbuh, seperti melalui sektor pertanian, kebutuhan sembako, jasa wisata, air bersih dan berbagai usaha lainnya. Olehnya, Alamsya berharap agar BUMDes menjadi pilar utama perekonomian desa.

Asgar selaku Tenaga Ahli, DPMD yang juga turut hadir saat itu, mengatakan bahwa Bumdes cukup efektif menggerakan ekonomi masyarakat desa dengan berbagai potensi masing-masing. Selain itu, aktivitas Bumdes juga melibatkan masyarakat lokal sehingga dalam jangka panjang berdampak pada kesejahteraannya.

Dan hal ini kata Asgar merupakan sebuah langkah yang bagus karena ditopang dengan peraturan desa (Perdes) tentang pembentukan BUMDes dan penyertaan modal, demikian imbuh Asgar,*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here