Karyawan PLN Luwuk Jadi Tersangka Pungli,  Pelaku Dijerat UU Korupsi

0
487
BNET.  Pegawai PLN (Pwrsero) Cabang Luwuk, Jordan Christo Lumi (25), ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Banggai dalam kasus dugaan pungutan liar (pungli) pemasangan meteran listrik baru di Desa Ondo-ondolu dan Ondo-ondolu 1, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng).
Dalam modusnya, Jordan yang merupakan Kepala Kantor Jaga Sub Rayon Batui ini, meminta biaya pemasangan baru bagi calon pelanggan melebihi rugulasi yang telah di tetapkan PLN pada setiap pemasangan daya 900 VA dan 1300 VA.
Untuk daya 900 VA, tersangka mematok tarif hingga mencapai Rp.2,3 juta, Sedangkan daya 1300 VA Mencapai Rp.2,7 juta.
Sesuai dengan data press release Polres Banggai Kamis (10/1), Kapolres Banggai AKBP Moch Shole Sik, SH, MH, menyebutkan, dari 294 calon pelanggan yang mengajukan permohonan pemasangan meteran listrik, hanya 207 yang dapat terlayani, sedangkan yang selebihnya belum.
Karena perbuatan oknum tersebut, ia dijerat dengan pasal 12 huruf (e) UU Nomor 20/2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun minimal 4 tahun.*(RAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here