Kegiatan Tim Penilai Pusterad TNI, Pada Lomba Binter dan Binsat Tingkat Pusat di Kodim 1308/LB

0
95
SECARA umum pelaksanaan penilaian Tim Pusterad  TNI di Kodim 1308/LB dalam lomba Binter dan Binsat tingkat nasional yang berlangsung selama 2 hari berjalan dengan lancar, tertib dan aman, walaupun situasi cuaca Kababupaten Banggai terus diguyuri hujan sejak hari pertama penilaian dalam kegiatan program satuan.
Selama berlangsung kegiatan Lomba Binter dan Binsat di Kodim 1308/LB, Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda, SE bersama Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo dan seluruh perwira staf, Danramil dan anggota prajurit maupun Persit KCK Cabang XXII Kodim 1308/LB yang selalu mendampingi Tim Penilai Pusterad TNI dengan penuh rasa haru dan bangga.
Adapun kegiatan Lomba Binter dan Binsat di Kodim 1308/LB yang dilakukan oleh Tim Penilai terkait beberapa  kegiatan yakni kegiatan Seremonial, Program Satuan dan non Program Satuan diawali acara penyambutan terhadap Tim Penilai Pusterad TNI oleh Pihak Kodim 1308/LB bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Banggai maupun elemen masyarakat di Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk.
Setelah itu berlanjut dengan santap malam bersama Tim Penilai Pusterad bersama Unsur Forkopimda Banggai dan Banggai Kepulauan yang bertempat di lokasi bukit kasih sayang keles Kelurahan Kaleke Kecamatan Luwuk.
Setelah usai seluruh substansi kegiatan dalam dua hari dilakukan acara pengantaran dan pelepasan terhadap Tim Penilai Pusterad TNI oleh Kodim 1308/LB bekerja sama dengan Pemda Banggai di Bandara Udara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk dalam rangka melanjutkan perjalanan tugas selanjutnya terkait penilaian lomba binter dan binsat kodim tingkat pusat tahun 2019 di kodim 1303/Bolmong Propinsi Gorontalo. Ini semua merupakan skema kegiatan dalam bingkai seremonial.
Sementara untuk kegiatan program satuan yang ditinjau dan dinilai oleh Tim Penilai Pusterad TNI yakni,  tatap muka oleh Tim Penilai Pusterad TNI dengan SKPD dan Komponen masyarakat serta anggota Kodim 1308/LB oleh Ketua Tim Penilai dan anggota Tim Penilai setelahnya dilanjutkan debgan item kegiatan wawancara oleh Ketua Tim Penilai Pusterad TNI terhadap Unsur Forkopimda dengan Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM, Kapolres Banggai AKBP Moch Soleh, S.IK, SH, MH dan Ketua DPRD Banggai H. Syamsul Bahri Mang, SE, SH, MM, Kepala Kantor Kejaksaan Negeri Banggai Ramdhanu Dwiyantoro, SH, MH.
Sedangkan untuk kegiatan peninjauan dan penilaian  produk staf 1 sampai 5 yaitu, produk staf intelijen, staf operasi, staf personalia, staf logistik dan staf teritorial oleh 2 orang anggota Tim Penilai Pusterad TNI.
Rangkaian penilaian oleh tim ini juga dilanjutkan dengan kegiatan penilaian kelengkapan administrasi di ruangan masing-masing staf yakni staf intelijen, staf operasi, staf personalia, staf logistik dan staf teritorial oleh 2 orang anggota Tim Penilai Pusterad TNI.
Selanjutnya kembali dilakukan acara seremoni berupa kegiatan Malam Ramah Tamah Pemda Banggai bersama Tim Penilai Pusterad TNI yang dihadiri oleh Ketua Tim Penilai. Kemudian kegiatan peninjauan dan penilaian kantor, produk dan administrasi Koramil jajaran Kodim 1308/LB yang diwakili Koramil – 01/Luwuk oleh 1 orang anggota Tim Penilai Pusterad TNI. Disamping itu juga dilaksanakan kegiatan Bhakti Sosial yang meliputi, donor darah, khitanan massal, pengobatan massal.
Pada kegiatan Bakti Sosial tersebut di kunjungi dan dinilai oleh Ketua Tim Penilai Pusterad TNI dan Ketua Tim Penilai memberikan bingkisan kepada anak-anak yang mengikuti khitanan massal. Pada bagian lain acara juga berlangsung kegiatan cara pemberian materi sosialisasi implementasi wawasan kebangsaan oleh Babinsa yang meliputi materi bahaya laten komunis, peranan apkowil dan tugas pokok Babinsa. Pada kegiatan cara memberikan materi sosialisasi tersebut di kunjungi dan di nilai oleh 1 orang anggota Tim Penilai Pusterad TNI.
Selain itu juga berlangsung tatap muka oleh Ketua Tim Penilai Lomba Binter dan Binsat bersama rombongan dengan Forkopimcam Lamala, Masama dan Mantoh beserta Tomas, Toga, Todat, Toda dan seluruh lapisan masyarakat diwilayah Koramil 1308 – 06/Lamala. Sedangkan untuk Kegiatan non program yang ditinjau dan di nilai oleh Tim Penilai Pusterad TNI yakni, penilaian oleh Ketua Tim Penilai Pusterad TNI di lokasi Budidaya Ikan Nila Binaan Koramil 1308 – 01/Luwuk di Desa Hunduhon Kecamatan Luwuk Timur yang dikelolah Kelompok Budidaya Ikan Putra Pertiwi. Selain itu juga berlangsung peninjauan dan penilaian oleh Ketua Tim Penilai Pustera TNI terhadap Demplot Padi Ciherang milik Kelompok Tani (Poktan) Desa Purwo Agung Kec. Masama dan peninjauan dan penilaian di lokasi keramba ikan laut bobara milik kelompok nelayan jaring apung di Desa Lomba Kecamatan Lamala.
Pada kegiatan lomba binter dan binsat kodim tingkat pusat tahun 2019 ini,  oleh Tim Penilai Pusterad TNI melalui Ketua Tim Penilai Kolonel Arm Dedi Nurhamdani, S.I.P dan Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM selaku  Pimpinan Daerah di wilayah Kodim 1308/LB yang  memberikan tanggapan secara umum terkait lomba tersebut.
Oleh Ketua Tim Penilai mengatakan, selaku Tim Penilai Lomba Binter dan Binsat Kodim Tingkat Pusat, sangat merasa senang dan terharu dalam pelayanan penjemputan selama kami melaksanakan kegiatan di Kodim 1308/LB. Rasa senang dan haru tersebut karena antusiasnya masyarakat dan peran Pemda dalam menyikapi kegiatan lomba binter dan binsat kodim tingkat pusat tahun 2019.
Ia juga berterima kasih kepada Kodim 1308/LB yang telah bersinergi dengan Polri dan Pemda diwilayah Kodim 1308/LB. Kami sebenarnya tidak mengharapkan jika selaku tuan rumah yang di kunjungi telah direpotkan, namun satu hal yang penting disampaikan bahwa kedatangan mereka sebagai Tim Penilai apa bila dalam penyambutan dan pelayanannya yang sangat berlebihan, maka hal inilah yang memang harus dilakukan namun tidak menjadikan beban bagi tuan rumah selaku salah satu kontestan yang ikut dalam lomba Binter dan Binsat tahun 2019.
Lanjut ketua tim, perlu diketahui bersama, dalam kegiatan Lomba Binter dan Binsat Tahun 2019 ini, Kodam XIII/Merdeka telah mengikutkan 2 Kodim yang ada diwilayahnya, yakni Kodim 1303/Bolmong Korem 133/Nani Wartabone dan Kodim 1308/LB Korem 132/Tadulako. Dalam kategori penilaian,  terdapat 4 kategori Kodim yang ikut dalam lomba yakni Kodim Tipe A, B, C dan D yang meliputi : Kodim Tipe – A yang berkedudukan di ibu kota Propinsi, Kodim Tipe – B yang berkedudukan di Kabupaten/Kota, Kodim Tipe – C yang berkedudukan di Wilayah Kepulauan dan Kodim Tipe – D yang berkedudukan di Kepulauan terluar atau di wilayah perbatasan. Untuk Kodim yang berkedudukan di Kabupaten dan Kota, ada 15 Kodim yang mengikuti lomba Binter dan Binsat tahun 2019, dan dari 15 Kodim tersebut diantaranya Kodim 1308/LB.
Olehnya diharapkan pada masyarakat di wilayah Kabuaten Banggai tetap berusaha dan berbuat serta selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan TNI melalui Babinsa yang ada di daerah.
“Inilah bentuk kami sebagai TNI dalam manunggal bersama rakyat”, ujar Kolonel Arm Dedi Nurhamdani, S.I.P
Lebih jauh dikenukakanya, Tim Penilai juga mengucapkan terima kasih kepada unsur Porkopimda Banggai dalam memfasilitasi kegiatan penilaian di wilayah Kodim 1308/LB, kegiatan ini sudah terencana sehingga Satuan Kodam dan Korem sudah mempersiapkan satuannya yang ikut dalam lomba Binter dan Binsat. Dengan kegiatan ini dapat memotivasi seluruh Satuan dalam melaksanakan tugas Binter dan Binsat, sehingga harapan dan tujuan dapat tercapai sesuai yang diharapkan oleh pimpinan atas.
Untuk itu ia mengharapkan, dengan adanya kerjasama semua baik dari TNI-POLRI dan Pemda di wilayah Kodim 1308/LB ini menjadikan masyarakat  sejahtera dan semakin maju kedepannya dan tak lupa pula ketua tim ini meminta doa selama menjalankan tugas selalu diberikan kesehatan karena dengan adanya kegiatan yang padat ini.
Sementara itu Dandim 1308/LB dalam momentum sama juga mengatakan,  pada intinya ia mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Pusterad TNI di wilayah Kodim 1308/LB dalam rangka Penilaian Lomba Binter dan Binsat Kodim Tingkat Pusat Tahun 2019. Dimana Pada kegiatan Binter dan Binsat yang di lombakan oleh Pusterad TNI, ini merupakan wujud kegiatan pelaksanaan tugas Satuan Teritorial sebagai Komunikasi sosial , Bhakti TNI dan Pertahanan wilayah dan kegiatan ini juga dilaksanakan atas kerja sama seluruh anggota Kodim 1308/ LB dan seluruh komponen masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Banggai.
Di wilayah Kodim 1308/LB khususnya Kabupaten Banggai kata Dandim, dalam hal ini Pemda untuk tingkat kepeduliannya masih sangat tinggi. Pembinaan Teritorial adalah metoda dan kegiatan serta kemampuan tehnis militer yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan dan pengendalian potensi wilayah dengan segenap aspeknya untuk kepentingan Tugas Pokok TNI dalam rangka Pertahanan Negara.
Binter menjadi metode yang diterapkan TNI untuk menyelami, menghubungi, mempengaruhi dan mengajak masyarakat sipil untuk berpartisipasi demi kepentingan pertahanan negara.
Pada bagian lain statemen, Dandim sangat berterima kasih kepada Tim Penilai Pusterad TNI yang sudah melaksanakan tugas dalam kegiatan Lomba Binter dan Binsat di Kodim 1308/LB, dan dalam kegiatan ini dapat memberikan masukan serta bimbingan yang menjadikan lebih baik lagi kedepannya.
” Kami minta arahan dan bimbingan serta evaluasi kedepannya”, demikian harapnya.
Pada bagian lain oleh Bupati Banggai Herwin Yatim mengatakan, sebagai Pemerintah Daerah sudah barang tentu merasa terhormat dan bangga atas kunjungan Ketua Tim Pusterad Kolonel Arm. Dedi Nurhadiman.
“Saya juga merasa bangga karna Kodim 1308/LB khususnya dan Kab. Banggai umumnya bisa menjadi tuan rumah lomba Binter dan Binsat Kodim Tingkat Pusat tahun 2019. Sehingganya Banggai ini bisa dikenal masyarakat luas sebagai Kabupaten yang maju dan sejahtera dari segi ekonomi dan pembangunan”, terangnya.
Disamping itu oleh Bupati juga merasa berterima kasih kepada para Babinsa dilapangan, karena telah ikut membina masyarakat kami di desa dalam pembangunan untuk lebih maju kedepannya. Semoga para Babinsa bisa terus menjadi pembimbing bagi masyarakat kami di desa. Sehingga masyarakat kami lebih mengerti peran masing-masing dalam membantu pembangunan Kab. Banggai lebih baik lagi ke depannya.
Olehnya selaku pimpinan darah Herwin berjanji akan tetap menjaga hubungan baik dengan aparat negara baik dari pihak TNI-POLRI, sehingga bisa sama-sama melakukan pengabdian untuk membangun Banggai ke depannya. “Pemerintah masih berharap TNI masih mau terus memperhatikan masyarakat kami di desa, agar tetap menjaga infrastruktur yang telah di bangun selama ini bersama pihak TNI melalui Babinsa yang ada di Desa-desa terpencil”, ungkapnya.
Selain itu dalam kesempatan tersebut Bupati Banggai juga menyentil terkait momentum kegoatan nasional yang pernah ditunjuk Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah Hari Nusantara, dan telah berhasil membuat acara yang meriah dan membuat terkesan Menteri Perhubungan merasa terkesan dengan acara yang disiapkan dengan matang, ujar Herwin.
Lanjut katanya, Pemerintah Daerah Banggai dan Kodim 1308/LB  sukses bersinergi lewat program Pembinaan Teritorial (Binter). Salah satu keberhasilan itu adalah di bidang pertanian. Dimana petani Banggai berhasil memberikan surplus pangan. Untuk beras Banggai mengalami surplus hingga 80 ribu Ton. Hal ini tentunya berjalan sesuai dengan visi dan misi Pemda, dimana sektor pertanian dan kemaritiman menjadi dua hal prioritas demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.* pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here