Kejari Banggai Musnahkan Babuk 21 Perkara Tipidum

LUWUK – Kejaksaan Negeri (Kejari)  Banggai melakukan pemusnahan  Barang Bukti (Babuk) berasal dari 21 perkara Tindak Pidana Umum (Tipidum), Jumat (26/4/2024).

Sejumlah babuk itu sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht), dimana dalam amar putusanya dirampas untuk dimusnahkan.

 

 

Keseluruhan Babuk itu pertama berasal dari 12 perkara Tindak Pidana Narkotika jenis sabu-sabu dengan total seberat 190,0541 gram dan berbagai jenis alat hisap sabu-sabu.

Kemudian 2  Perkara Tindak Pidana Kesehatan terdiri dari 7.062 butir Trihexyphenidyl (THD).

Untuk yang ke tiga,  2 perkara Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Orang dan harta benda dengan Babuk berupa 2 baju kaos, 2  buah celana jeans, 1  buah parang, dan 1 buah pisau dapur.

Sedangkan untuk 4 perkara Tindak Pidana Umum Lainnya (TPUL) berupa 1 buah korek api, 1 buah botol plastik, 3 buah kartu SIM dan 1 buah celana training, serta 1 buah kaos lengan panjang, 1 lembar celana dalam dan 1 bilah pisau penikam.

Yang ke 5 terdapat 1 perkara Tindak Pidana Perikanan babuknya berupa 1 pasang kaki katak, 1 buah kaca mata selam dan 1 buah jaring, 15 balon senter, 1  buah botol berisi serbuk korek api, selain itu  buah kabel, 4 buah dopis, 3 gulung benang jahit, 10 buah balon tiup, 2 buah kotak korek kayu, 9 pembungkus korek api, 1 lembar amplas, 1 buah saringan, 1 buah pisau, dan 1 buah plastik berisi serbuk korek api.

Keseluruhan Babuk yang dimusnahkan itu dilakukan dengan cara dibakar, di blender, direndam dan digerinda hingga barang bukti tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Dalam pers rilis yang disampaikan Kepala Seksi Intelijen, Kejari Banggai, Sarman Santosa Tandisau, juga menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan tugas dari jaksa selaku eksekutor dalam melaksanakan putusan hakim terhadap barang bukti yang dirampas agar dimusnahkan.

Keseluruhanya berasal dari penanganan perkara sejak periode Januari sampai dengan April 2024, demikian rilis Sarman. */pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button