Kejuaraan Tarkam Gelar 5 Lomba di Luwuk 

LUWUK – Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Yuslan, membuka kegiatan Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Kemenpora RI Tingkat Kabupaten Banggai. Acaranya berlangsung, (28/6/2024) di Lapangan Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk.

Upacara pembukaan diikuti oleh 24 kecamatan dengan mempertandingkan 4 cabang olahraga diantaranya, Fun Run 5K, Senam, Bola Volly dan Tenis Meja. Pada acara pembukaan diawali parade defile peserta dari 24 kecamatan yang didahului oleh penampilan marching band SMA Negeri 3 Luwuk.

Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Yuslan dalam sambutan mengatakan animo masyarakat sangat luar biasa, dan dia berterima kasih kepada Pemkab Banggai atas kesediaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam Tingkat Kabupaten ini.

“Kejuaran ini merupakan arahan langsung dari Presiden RI kepada Menteri, untuk menggulirkan kegiatan olahraga di tingkat kabupaten dan Banggai adalah salah-satu dari 86 kabupaten/kota yang terpilih untuk menjadi tuan-rumah tahun ini,” katanya.

Lanjut katanya, pada tahun 2023 lalu, Sulawesi Tengah diwakili oleh Kabupaten Parimo, dan tahun 2024 ini juga kembali Kabupaten Parimo mewakili Sulawesi Tengah, termasuk Kabupaten Banggai dan Banggai Kepulauan.

Berdasarkan arahan pimpinannya, apabila tidak ada hal yang tidak diinginkan di tempat ini, maka kejuaraan Tarkam di Kabupaten Banggai akan dilanjutkan tahun depan.

“Kami berharap agar pelaksanaan kegiatan bisa dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Melihat antusias masyarakat yang hadir ini sungguh luar-biasa, tim Kemenpora mengucapkan terima-kasih buat semua masyarakat Kabupaten Banggai.

Sementara itu, Bupati Banggai Amirudin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Banggai, Moh. Kamil, menyebutkan bahwa gelaran kejuaran Tarkam ini, menjadi bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan kebugaran serta prestasi olahraga.

Digelarnya Tarkam tidak hanya untuk peningkatan prestasi, tapi juga mewujudkan masyarakat Kabupaten Banggai yang sehat, bugar dan aktif namun, yang paling penting menciptakan generasi emas Indonesia yang sehat bugar dan aktif di masa mendatang.

Seperti diketahui, aktivitas yang menggiatkan olahraga agar menjadi livestyle yang mengakar dari desa sekaligus mengembangkan konsep even olahraga berbasis sport industry maupun sport tourism sehingga berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta menggali bibit potensial untuk dikembangkan prestasinya lebih lanjut yang dibuka pada hari ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 30 Juni 2024.

Fun Run 5K yang dimulai dari Graha Pemda Luwuk sampai KM 5 Luwuk Selatan, diikuti oleh 943 peserta dari 24 kecamatan, dimana untuk usia 40 tahun kebawah putra 550 peserta, usia s/d 40 tahun putri 130 peserta, usia diatas 40 tahun putra 153 peserta dan usia diatas 40 tahun putri diikuti 110 peserta. Untuk kegiatan Senam yang dilakukan di Gedung Padepokan Pencak Silat Gelora Luwuk, diikuti oleh 19 regu berasal dari 19 kecamatan. Bola Volly sendiri dilaksanaka di Lapangan Volly Gelora Luwuk, yang diikuti oleh tim dari 24 kecamatan, terdiri dari tim putra 16 regu dan tim putri 16 regu. Cabang olahraga Tenis Meja yang pusat kegiatannya di Gedung Olahraga SSC Luwuk, diikuti oleh 24 regu yang berasal dari 24 kecamatan.

Kegiatan yang bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dalam berolahraga, menjadikan masyarakat menjadi lebih sehat dan bugar, menggali potensi bakat olahragawan masyarakat dari tingkat kabupaten/kota untuk dipersiapkan menuju tingkat nasional dan internasional, membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tingkat kabupaten melalui olahraga ini diselenggarakan oleh Kemenpora RI dan Dispora Kabupaten Banggai yang bekerja sama dengan beberapa instansi pemerintah serta melibatkan beberapa unsur lainnya ini, diakhiri dengan pelepasan balon ke udara pertanda dimulainya kegiatan dan senam bersama.

Pers rilis Prokopim Setda Banggai ini juga menyebutkan, turut hadir dalam pembukaan unsur Forkopimda, Wakil Ketua II DRPD Kabupaten Banggai, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, para Kabag di lingkup Setda Kabupaten Banggai, perwakilan Kadispora Provinsi Sulawesi Tengah dan Kadispora Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah, para Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Banggai, Ketua TP-PKK Kabupaten Banggai, para Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Banggai, para peserta kejuaran Tarkam serta para undangan lainnya. (*) pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button