Ketua Tim Atnis Pusterad: “Kodam XIII/Merdeka Korem 132/Tadulako tidak salah memilih Kodim 1308/LB ikut dalam Lomba Binter”

0
38
BNET – Ketua Tim Atnis Pusterad Kolonel Inf Awal Nur mengatakan, keberadaan di Kodim 1308/LB ini sangat cerah dan ceriah, karena dari wajah satuan dan para Babinsa raut wajahnya penuh antusias dan bersemangat semua pada cerah ini artinya Kodam XIII/Merdeka Korem 132/Tadulako tidak salah untuk memilih Kodim 1308/LB ikut dalam Lomba Binter. Semoga untuk tahun 2019 Kodim 1308/LB masuk dalam 4 besar.
” Saya bangga Kodim 1308/LB mewakili Kodam XIII/Merdeka, yang berarti kepercayaan Pimpinan disatuan ini hebat, karena nyatanya saya buktikan pada hari ini wajah-wajah prajurit Kodim 1308/LB sangat cerah yang berarti hebat dan hal ini dapat dipertahankan”, ujar Kolonel Inf Awal Nur.
Seperti diketahui pada (31/10) Kodim 1308/LB mendapat kunjungan kerja dari Tim Asistensi Teknis (Atnis) Pusterad dalam rangka pelaksanaan program kerja Bidang Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter).

Adapun tim tersebut terdiri dari, Kolonel Inf Awal Nur sebagai Ketua Tim Atnis, Mayor Inf Suratno anggota.


Lanjut ketua tim, intinya dimana saja prajurit berada wajib menikmati dan mensyukuri, selalu enjoi dengan tugas yang diberikan oleh pimpinan dan wajib untuk laksanakan dengan baik, “jangan banyak pikiran, kita harus menikmati dan bersenang”, demikian harapnya dengan penuh motifasi.
Dikatakannya, prajurit TNI, khususnya Babinsa harus mengusai lima kemampuan teritorial yakni, temu cepat dan lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial. Dari kelima kemampuan teritorial ini, diharapkan para Babinsa dapat menjabarkannya dilapangan dan intinya kita harus baik-baik dengan rakyat, tandas Kolonel Awal Nur.
Sementara itu ditempat yang sama
Dandim 1308/LB mengatakan, keberadaan tim dari Pusterad ini dimaksudkan, untuk mengecek pembinaan dan kesiapan komando kewilayahan yakni kemampuan sebagai Babinsa, Danramil di wilayah dan kami juga ditingkat kabupaten terus memberi pemahaman kepada masyarakat tentang keamanan.
Untuk masalah pembinaan teritorial ini terang Dandim, lebih banyak menggunakan komunikatif.
“Ini adalah sandang pandang kita, bahwa kalian para Babinsa dan Danramil tujuannya untuk memajukan wilayah. Rata-rata semua akan pensiun disini, jadi lakukan yang terbaik untuk wilayah binaan kalian”, demikian Dandim memotofasi.
Pada bagian lain dari sambutannya Pimpinan tinggi di Kodim 1308/LB ini juga memberikan sedikit gambaran materi teritorial yang cukup dipahami apa arti dari tugas tentang bagaimana teritorial yang ada metode binter di organisasi yang sama baik itu di Kodam, Korem, maupun Kodim, dan ada bakti TNI, Wanwil.
“Jadi saya minta kepada jajaran apkowil jajaran kodim 1308 ini, tidak usah terlalu banyak berpikir. Jadi apa bentuk pembinaan bakti TNI, dan sering kita ingatkan bila skala besar ada pendanaan dari APBN dan APBD itulah bakti TNI dan Karya Bakti”, terangnya. Kemudian terkait dengan Binwanwil/ketahanan wilayah, melibatkan prajurit dalam pertanian. Bahwa untuk wilayah Kodim 1308/LB selalu siap mempunyai ketahanan atau perlawanan, apabila dalam kondisi perang.
“Kita sudah siap, kita sudah bisa memenuhi kebutuhan kita sendiri paling tidak pangan. Maka itu kita dilibatkan, jadi saya memberikan metode-metode. Termasuk komsos, dimana metode ini merupakan metode yang sangat mudah dan murah serta tidak memerlukan koridor anggaran. Cukup kita mampir kemasyarakat, itu adalah salah satu bentuk komsos yang penting dapat hasil, kita bisa menggalang, menguasai dan mengetahui”, bebernya.
Sementara lanjut Dandim, dalam mengasah kemampuan aparat Kowil, terutama Babinsa dan Danramil, apabila pimpinan mau uji petik, harus siap. Maka itu selalu mengasah wawasan. Untuk itu melalui kegiatan ini Dandim berharap bimbingannya. Apabila banyak kekurangan mohon untuk dikoreksi dan diberikan panduan sehingga kedepannya akan lebih baik lagi kemampuan aparat komando kewilayahan terutama kodim 1308/LB demi kejayaan bangsa kita Republik Indonesia, demikian Dandim.
Sementara itu hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdim 1308/LB,Mayor Inf Red Abner Patambo, para Perwira Staf Kodim 1308/LB, para Danramil jajaran Kodim 1308/LB serta anggota Babinsa Kodim 1308/LB.
Sedangkan untuk agendanya meliputi, kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter dimulai yang diawali dengan sambutan dan arahan oleh Dandim 1308/LB dan Ketua Tim Atnis Pusterad, kemudian dilanjutkan kegiatan pemberian materi oleh Danramil 1308-01/Luwuk Kapten Inf Supartono kepada Para Babinsa di Aula Makodim 1308/LB dengan tema materi Metode Binter.
Pada kegiatan tersebut disaksikan oleh Anggota Tim Atnis Pusterad Mayor Inf Suratno.
Lanjut acara yakni kegiatan pemberian materi oleh Danramil 1308-01/Luwuk. Pukul 11.24 Wita, dilaksanakan kegiatan pemeriksaan produk Staf Ter oleh anggota Tim Atnis Pusterad Mayor Inf Suratno dan lanjut kegiatan pemeriksaan produk Staf Ter. Sementara pada pukul 11.43 Wita, dilaksanakan kegiatan pengisian cheklis Binsiap Apwil dan Puanter oleh para Babinsa di Aula Makodim 1308/LB.
Hingga pukul 15.43 Wita, Tim Atnis Pusterad meninggalkan Makodim 1308/LB menuju Bandara Syukuruan Aminuddin Amir ( SAA ) didampingi Dandim 1308/LB bersama Kasdim dan para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1308/LB guna mengantar  pemberangkatan Tim Atnis kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Batik Air.* pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here