Kinerja Pemda Banggai Sukses Tekan Penyebaran Covid 19

20
LUWUK – Upayah meminimalisir penyebaran Covid 19 di Kabupaten Banggai intens dilakukan. Tak heran jika saat ini angkanya berkurang.
Keberhasilan ini tentu erat kaitanya dengan komitmen serius pimpinan daerah dalam mengambil lakah kongrit untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.
Jumat (27/8) Bupati Banggai Ir. H. Amirudin dan Wakil Bupati Banggai DrsĀ  furqanuddin M melakukan kunjungan kerja dalam rangka pengarahan, pemantauan sekaligus evaluasi kinerja dalam penanganan Covid 19 dibeberapa kecamatan.
Mulai dari Pagimana, Kecamatan Lobu, Bunta, Simpang Raya, hingga Kecamatan Nuhon.
Monitoring yang di lakukan selama 2 hari itu berlangsung sejak jumat dan Sabtu (28/8).
Turut mendampingi Bupati dan Wakil Bupati diantaranya Staf Khusus Bupati Taufan Pratama Zasya, Asisten 1 Setda Banggai Yudi Amisudin, Asisten 2 Setda Banggai Alfian Djibran, Kadis PMD Amin Jumail, Kasat Pol PP Suwitno Abusama, Kadis Nakeswan Ferlin Monggesang, Kabag Protokol Ferry R. Ledder, Kabag Umum Ismed Wardana, serta Kabag Tapem Yunus Kurapa.
Sebelumnya dalam instruksi Mendagri, Kabupaten Banggai termasuk salah satu Kabupaten yang masuk dalam zona PPKM level 4, oleh sebab itu Bupati dan Wakil Bupati Banggai sangat konsen dalam penanganan Covid 19, khususnya di kecamatan.
Angka covid 19 Kabupaten Banggai diawal Intruksi Mendagri dalam pemberlakuan PPKM Level 4 Begitu tinggi, akan tetapi dengan beberapa instruksi, maklumat dan langkah kongkrit yang di keluarkan oleh Bupati Banggai Kepada Satgas Kecamatan, sampai dengan hari ini Kurva Statistik Covid 19 Kabupaten Banggai Secara umum menurun drastis.
Keputusan Pemerintah terkait penanganan Covid 19 didaerah ini telah ditindaklanjuti oleh Satgas Covid 19 dengan baik, aparat keamanan khususnya TNI, Polri dan Pol PP telah bertindak dengan tegas.
Camat, Kapolsek Danramil dan Puskesmas juga telah berkolaborasi dengan baik, Kepala Desa, Lurah, jajaran RT RW, dan Tim Relawan Covid 19 juga bekerja dengan maksimal, sehingga data covid 19 Kabupaten Banggai yang terkoreksi sampai hari ini menurun drastis.
Pemerintah bersama Forkopimda dan Ketua Satgas Covid 19 Kabupaten, setiap harinya melakukan rapat evaluasi penanganan Covid 19 Kabupaten Banggai, ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja TIM Satgas, apa yang kurang dan belum di laksanakan di evaluasi, serta yang maksimal di berikan apresiasi.
Dalam kunjungannya Ke 5 Kecamatan tersebut Bupati Banggai Ir. H. Amirudin menekankan kepada para camat untuk memberikan atensi yang lebih dalam penanganan Covid 19 di kecamatan,
Bupati berharap kepada para camat sampai Jajarannya yang paling bawah untuk fokus dalam penanganan Covid 19, sosialisasikan pemakaian masker kepada masyarakat, sosialisasikan protokol kesehatan serta hal-hal kecil.
“Seperti ini minimal yang bapak ibu camat lakukan, pemakaian masker diusahakan menjadi budaya baru dalam masyarakat “, kata bupati.
Ia juga berpesan kepada Satgas covid 19 Kecamatan, khususnya Camat, Kepala Desa, Lurah dan Kapuskesmas agar bekerja dengan baik dalam menghadapi pandemi ini. Warga yang melakukan isolasi mandiri harus benar-benar di pantau, supaya tidak menularkan kepada masyarakat lainnya.
“Untuk warga yang melakukan Isoman harus diperhatikan, baik itu sembakonya, dan multi vitaminnya”, kata Bupati.
Bupati juga berpesan bahwa, kecamatan yang zona merah diupayakan seminggu kedepan sudah bisa jadi zona hijau. Untuk itu bagi kecamatan yang dapat menekan laju pertumbuhan Covid 19 di daerahnya dalam rentang waktu yang dimaksudkan tersebut akan diapresiasi.
” Jika kedepan bisa di zona hijaukan, saya akan berikan apresiasi, saya kasih hadiah camatnya. Insya Allah ikhtiar kita hari ini untuk kepentingan orang banyak, kepentingan masyarakat bernilai ibadah di mata Allah SWT”, tutup Bupati memotifasi.
Sementara dalam kunjungannya ke 5 kecamatan tersebut, Bupati dan wakil Bupati serta Ketua Satgas Covid 19 dan rombongan membagikan Sembako kepada camat yang nantinya akan di bagikan kepada warga masyarakat yang melakukan Isolasi mandiri, kemudian Bupati juga membagikan ribuan masker kepada para Kades dan Lurah untuk di bagi bagikan kepada masyarakat.
Setelah melakukan kunjungannya di beberapa Kecamatan Bupati dan Rombongan juga menyempatkan waktunya untuk meninjau Banjir di Desa Kalumbangan Kec. Bunta.*
(Sumber Sub. Bagian Dokumentasi dan Publikasi Pimpinan Bagian Prokopim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here