Kodim 1308/LB Buka Posko Penanganan Kesehatan Bagi Korban Banjir di Moilong

0
71
BNET – Pasca bencana banjir yang terjadi di dataran Toili dan Batui Selatan baru-baru ini, pihak TNI Kodim1308/LB, Sabtu (20/7) membuka Posko penanganan kesehatan untuk masyarakat korban bencana di Desa Karang Anyer Kecamatan Moilong.
Usai pendirian posko nampak warga yang berada disekitar langsung melaksanakan pengecekan kesehatan.
Seperti pada umumnya, pemeriksaan diawali dengan tensi darah kemudian diberikan obat oleh medis kesehatan kodim 1308/LB.
Disamping kegiatan tersebut personil Kodim juga melangsungkan giat penyaluran bantuan sembako kepada 27 KK masyarakat korban bencana banjir yang berada di Desa Arga Kencana.
Penyaluranya diantar langsung ke rumah korban, sekaligus dilaksanakan pengecekan kesehatan warga di rumahnya.
Tindak proaktif ini dilakukan mengingat kondisi cuaca diwilayah setempat masih diguyuri hujan, sehingga tak sedikit diantara warga yang tinggal berjauhan dari posko maupun Puskesmas tak dapat datang berobat.
Dengan giat ini warga korban banjir sangat senang dan berterima kasih pada anggota Kodim 1308/LB atas perhatiannya untuk datang langsung memeriksa kesehatan masyarakat melalui metode door to door.
Dalam kesempatan tersebut oleh warga juga mengharapkan agar Dinas Kesehatan bisa melakukan giat seperti TNI.
Disamping itu oleh personil Kodim dan masyarakat juga melaksanakan pembersihan puing – puing yang terbawa banjir di halaman rumah warga di Desa Arga kencana dan sekaligus melakukan pembersihan ranting pohon dan bambu yg tersangkut di jembatan karanganyar Desa Karanganyar Kecamatan Moilong.
Danramil 1308 – 03/Batui Kapten Inf Herman mengatakan, untuk saat ini aktivitas masyarakat sebagian sudah normal dan lainnya lagi masih melaksanakan perbersihan rumah akibat dampak banjir. Aparat Kodim 1380/LB juga terlibat membantu.
Sementara untuk Pasar Unit 2 dan Unit 1 sudah mulai beroperasi dimana los pasar dan toko-toko disekitarnya sudah dibuka. Para petani sudah mulai beraktifitas.
Rencana pada (21/7) kegiatan akan dilanjutkan untuk pembersihan Fasilitas umum seperti sekolah yang halamanya masih dipenuhi lupur dan sampah.
Sekalipun kondisi sungai Mansahang naik kembali akibat hujan tadi malam, tapi tidak mendatangkan banjir.
Sedangkan untuk jalan rusak akibat dampak banjir masih sementara dilaksanakan penimbunan dan perbaikan pada bahu jalan, khususnya yang berlubang terutama di jalan Trans Sulawesi.
Selain itu Posko bantuan bencana masih terus berdatangan dari Instansi Pemerintah, Perusahaan dan Ormas yang ada di Kabupaten Banggai.
Terkait hal tersebut, tambah Danramil,  anggota Kodim 1308/LB juga melibatkan diri membantu pendistribusian bantuan baik yang dipasok ke posko maupun ke desa-desa. *pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here