Kodim 1308/LB Dalam Kegiatan Antisipasi Balatkom dan Faham Radikal

0
130
BNET. Jajaran Kodim 1308/LB dan Pemerintah Kecamatan Masama, melangsungkan kegiatan antisipasi bahaya laten komunis (Blatkom) dan faham radikal.
Giat tersebut berlangsung di Balai Desa Kembang Merta Kecamatan Masama Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah (3/12).
Skema pembinaan ini dihadiri langsung Dandim 1308/LB, Letkol Inf Nurman Syahreda SE.
Dalam pemaparanya Dandim mengatakan, beberapa poin sinergitas TNI dan Polri diantaranya mewujudkan Kamtibmas yang kondusif, mendeteksi sumber-sumber Konflik yang terjadi mengingat dampak negatif dari pada Konflik yaitu hilangnya rasa aman, timbulnya rasa takut bagi masyarakat.
Selain dari pada itu, Dandim juga menekankan pada upaya penanganan sebelum konflik (mitigasi-red) strategi ini dibangun dengan terus melaksanakan upaya koordinasi antara pimpinan yang berada di wilayah.
Disamping itu ia juga menyentil tentang bagaimana upaya penanganan saat konflik dan sedini mungkin untuk menghentikan polemik yang terjadi melalui pembagian tugas dengan melibatkan TNI, Polri, Pemda serta tokoh masyarakat.
Hal lain yang juga disinggung, tentang upaya penanganan pasca konflik dengan cara mencari akar permasalahan yang sesungguhnya.
Sementara itu ditempat yang sama Camat Masama, Kamaluddin Djano,SH dalam pemaparanya menyinggung terkait  kajian hukum baik itu yabg bersifat Pidana untuk upaya penanganan tegas dan kemudian terkait hukum Perdata  yang mengatur hubungan individual atau peran perorangan.

Selain itu Camat juga  menyinggung tentang Hukum Acara, untuk tegaknya Hukum Matriil di perlukan Hukum Acara atau sering di sebut Hukum Persil.
Disamping itu ia juga menyentil tentang keabsahan Pasal 1 UU no 4 tahun 2004 tentang kekuasaan kehakiman dalam tatanan  Peradilan Umum diantaranya,   Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agung (PA), Mahkamah Agung (MA) dan Peradilan Khusus.disamping itu dalam makalahnya oleh camat juga mengurai potensi wilayahnya yang merupakan salah satu lumbung pangan didaerah ini.  Sementara itu oleh Kapolsek Lamala, AKP.Maikun SH, MH dalam materinya terfokus pada pemaparan tentang bahaya narkoba yang kini menjadi ancaman terhadap generasi muda.
Kegiatan ini diikuti oleh Perwira Penghubung (Pabum) Kabupaten Banggai Laut, Mayor Inf Jufri Halimu SE, Pabung Kabupaten Banggai Kepulauan, Mayor Inf Sutikno, serta PA Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1308/LB.  Kegiatan pembinaan ini juga melibatkan para Kedes se Kecamatan Masama, Babinsa se Kodim 1308/LB beserta Anggota Polsek Lamala dan Ibu Persit Ranting Koramil 1308-06 Lamala, Ibu Bhayangkari Ranting Polsek Lamala dan para tamu undangan lainnya.
Tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni, melalui pembinaan antisipasi Balatkom dan faham radikal, prajurit Kodim 1308 LB senantiasa pro aktif melaksanakan cegah dini dan deteksi dini terhadap bahaya laten komunis dan faham radikal yang terjadi di wilayah NKRI untuk Mewujudkan Negara yang Berdaulat Berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar. 
Usai kegiatan tersebut ditingkat internal kegiatan dilanjutkan dengan Pengarahan Dandim 1308 /LB kepada Seluruh anggota Kodim 1308/LB terkait Netralitas TNI dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here