Kodim 1308/LB dan Kipan C Yonif 714/SM Bersihkan Pasar Simpong

0
45
BNET – Kodim 1308/Luwuk Banggai Bersama Kipan C Yonif 714/Sintuwu Maroso dan Satpol PP serta ASN Pemda Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (6/9)  melaksanakan kegiatan karya bhakti pembersihan lingkungan Pasar Simpong dan Muara Sungai Jole Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai.
Giat ini dipimpin kangsung Kepala Staf Kodim 1308/Luwuk Banggai Mayor Inf Red Abner Patambo. Pada kesempatan tersebut Abner mengatakan, karya bhakti ini merupakan kegiatan non program dalam rangka memperingati HUT TNI Ke – 74 Tahun 2019.
Disamping itu juga adalah bentuk motifasi kepada masyarakat secara umum atas kegiatan Pemda Banggai jumat bersih atau “PINASA” Pia Na Sampah Ala yang artinya Lihat Sampah Ambil.
Selain TNI dan aparatur sipil kegiatan ini juga melibatkan masyarakat yang berada di Kota Luwuk.
“Karya bhakti ini merupakan salah satu bagian dari pembinaan teritorial (Binter) TNI AD, dengan tujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara sesama prajurit TNI dengan Pemda dan komponen masyarakat lainnya, sehingga diharapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini terbina dengan baik akan bertambah lebih baik lagi,” terang Abner.
Sementara itu pada kesempatan yang sama, Perwira Seksi Teritorial Kodim 1308/Luwuk Banggai Kapten Inf Dwi Karyo Basuki selaku koordinator kegiatan mengatakan, dengan melakukan pembersihan lingkungan Pasar Simpong ini merupakan bagian dari resposif dalam upaya mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai yang saat ini dipimpin oleh Bupati Bangai Ir. H. Herwin Yatim dan Wakil Bupati H. Mustar Labolo.
“Tujuan lain dari kegiatan ini, adalah untuk membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.” Ungkapnya.
Pada kiat kali ini banyak medapat apresiasi dari masyarakat.  Seperti yang dikemukakan salah satu pedagang Pasar Simpong, Udin.
‘Kami berterima kasih kepada TNI dan Pemda Kabupaten Banggai yang telah melakukan pembersihan sampah di lingkungan Pasar Simpong. Saya mewakili para pedagang sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemda khususnya TNI Kodim 1308/Luwuk Banggai dan Kipan C Yonif 714/Sintuwu Maroso”, bebernya.
Warga pedagang ini sangat berharap jika kegiatan pembersihan sampah dilingkungan Pasar Simpong dapat dilakukan setiap harinya, sehingga kondisi kebersihan di Pasar Simpong dapat diatasi dengan mengurangi sampah-sampah yang menyengat dan dapat menganggu kesehatan.” demikian Udin.*pr/RAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here