Kodim 1308/LB Gelar Syukuran HUT TNI Ke-74

0
60
BNET – Bertempat di Aula Makodim 1308/LB, berlangsung acara syukuran dalam rangka HUT TNI Ke-74 yang dipimpin Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda, SE yang dirangkaian dengan syukuran kenaikan pangkat bagi 51 orang Personil Kodim 1308/LB.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Banggai AKBP Moch Soleh, S.Ik, SH, MH bersama jajarannya, Kapolres Bangkep, AKBP Aditya Dharma, S.Ik beserta staf Mapolres Bangkep.
Disamping itu Kasdim 1308/LB,Mayor Inf Red Abner Patambo, Pabung Bangkep, Mayor Inf Sutikno, Kaminvetcad Luwuk, Mayor Cba Ramli serta Danpos AL Luwuk, Letda Laut (P) Danang. Selain itu hadir pula, Dankipan C Yonif 714/SM, Lettu Inf Zulfikar dan para Pa, Ba, Ta dan PNS Kodim 1308/LB, Ketua GM FKPPI Banggai, Rusdy Rahmat, SH, MH.
Dalam kesempatan tersebut Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda SE mengatakan, pada pelaksanaan upacara peringatan HUT TNI kali ini terlihat begitu peduli dan antusiasnya masyarakat menyaksikan jalannya upacara, hal ini menunjukan bahwa TNI masih dibutuhkan masyarakat.
“Saya minta agar TNI bisa melindungi rakyatnya”, ujarnya.
Lanjut Dandim, HUT TNI ini bukanya hanya seremonial saja, tetapi dapat merefleksikan apa sebenarnya sebagai anggota TNI.
“Saya berpesan marilah kita kurangi pelanggaran di internal, jadilah kebanggaan bagi masyarakat, bagi rakyat dan jadilah kebanggaan bagi keluarga dan lingkungan kita”, terangnya.
Sebagai informasi beberapa pekan lalu katanya, TNI baru saja melakukan  kegiatan Werving penerimaan prajurit, ini sebagai wawasan kepada siapa saja dan ini kesempatan bagi putra dan putri untuk menjadi prajurit TNI. Sejak dari dahulu Kodim 1308/LB personilnya kurang-kurang terus, jadi kegiatan pimpinan baru kali ini pada awal bulan september 2019 para Dandim dikumpulkan oleh Aspers Kasad melalui video teleconvrence dan dalam kegiatan tersebut diberikan arahan-arahan. Berkaitan dengan pembahasan laporan organisasi dari tiap-tiap Kodim, dimana dalam laporan tersebut terdapat organisasi satuan yang masih kurang, dan diantaranya Kodim 1308/LB.
Perlu di ketahui bahwa tidak ada yang mau  ke Kodim 1308/LB, selaku pimpinan Dandim juga tidak tahu mengapa hal ini bisa terjadi, namun analisanya, karena pada masa penerimaan prajurit TNI di 10 hingga 20 tahun terakhir ini, Kodim 1308/LB yang terdiri dari 3 Kabupaten yakni Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, hanya sedikit yang masuk TNI, misalnya di Kodim 1308/LB yang pensiun atau yang meninggal 11 orang yang masuk hanya 10 orang, jadi bukannya bertambah malahan semakin berkurang. Ini terus berlangsung dalam kurun waktu tersebut. Oleh karena itu pimpinan memberikan kuota yang lebih besar buat wilayah Kodim 1308/LB.
“Nantinya bagi lulusan Sekolah Calon Bintara (SECABA) tahun 2019 yang berjumlah 45 orang akan langsung menjadi Babinsa di wilayah Kodim 1308/LB. Hal ini yang menjadikan tantangan buat kita dalam membina adik-adik kita”, demikian imbuhnya.
Sementara itu dalam acara ini berlangsung penyerahan kue ulang tahun dan nasi tumpeng dari Kapolres Banggai beserta jajarannya dan Kapolres Bangkep kepada Dandim 1308/LB sebagai bentuk sinergiatas yang solid antara TNI-Polri dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke-74. Pada kesempatan penyerahan tersebut dilanjutkan peniupan lilin kue ulang tahun oleh Dandim Letkol Inf Nurman Syahreda, SE. Pemotongan tumpeng oleh Dandim 1308/LB  diberikan kepada Prajurit tertua (menanti masa pensiun) dan prajurit termuda.
Setelah selesai acara syukuran HUT TNI, oleh Dandim 1308/LB bersama para perwira jajaran Kodim dan Kapolres Banggai dan jajarannya serta Kapolres Bangkep melakukan sesi foto bersama di depan Kantor Makodim 1308/LB sebagai bentuk sinergitas yang solid antara TNI dan Polri di Wilayah Kodim 1308/LB.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here