Koramil Pagimana Gelar Pinasa di Pelabuhan dan pesisir Pantai Basabungan

0
71
BNET –  Jajaran Korem 132/Tadulako Kodim 1308/Luwuk Banggai, melalui Koramil 1308-07/Pagimana melakukan pembersihan di areal Pelabuhan Sagna Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai Sulteng, Jumat (12/9).
Kegiatan ini merupakan Karya Bhakti dalam memperingati HUT TNI ke 74.
Selain pelabuhan giat yang sama juga berlangsung di pesisir pantai Kelurahan Basabungan. Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan dukungan terhadap salah satu Program Pemkab Banggai dalam membangun kesadaran untuk selalu bersih serta menjaga lingkungan hidup.
Adapun kegiatan Karya Bhakti dalam mendukung Program Pemkab Banggai yang dimaksud tersebut yaitu “PINASA” atau Pia Na Sampa Ala, yang artinya “Lihat Sampah Ambil”.
Dalam kegiatan ini, bukan saja dilakukan oleh TNI Koramil 1308 – 07/Pagimana, tetapi juga diikuti oleh personil Polri yakni Polres Banggai melalui Polsek Pagimana berjumlah 12 orang, Dinas Perhubungan Laut Kabupaten Banggai berjumlah 15 orang, Pemerintah Kecamatan Pagimana berjumlah 25 orang, Perangkat Kelurahan Pagimana 15 orang dan Perangkat Kelurahan  Basabungan 20 orang serta Buruh TKBM Pelabuhan Pagimana bersama masyarakat Pagimana berjumlah 75 orang.
Dandim 1308/Luwuk Banggai Letkol Inf Nurman Syahreda, SE selaku Komandan Satuan Komando Kewilayahan  mengatakan,  kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan oleh jajarannya tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan masyarakat.
“Karya Bhakti bertujuan untuk membangun soliditas dan sinergitas prajurit TNI/Polri dengan aparat pemerintah serta komponen masyarakat lainnya guna mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat yang selama ini terbina baik”, ujarnya.
Lanjut Dandim,  tujuan dilaksanakan kegiatan ini guna memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat dan mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk  melestarikan lingkungan hidup  serta mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, aman, nyaman dan asri, bebernya.
Sementara ditempat terpisah Kapten Inf Tommy Karambut selaku Danramil 1308-07/Pagimana mengucapkan terima kasih  kepada Personil Polsek bersama ASN di Kecamatan Pagimana dan  segenap komponen masyarakat yang telah ikut andil dalam mensukseskan kegiatan Karya Bhakti dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-74 Tahun 2019.
Lanjut Danramil, kegiatan ini dilakukan guna mempererat silaturahmi dan menjalin komunikasi sosial bersama komponen masyarakat serta memelihara budaya gotong royong masyarakat, dan yang terpenting lagi guna memantapkan kemanunggalan TNI bersama rakyat, demikian terang Kapten Inf Tommy Karambut.*pr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here