Laporan Pelanggaran Pemilu Yang Menyeret Nama Bupati Banggai Camat dan Kades Dihentikan Bawaslu

0
524
BNET – Laporan dugaan pelanggaran pidana pemilu ke Bawaslu Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diduga dilakukan Bupati Banggai, H Herwin Yatim, Camat Toili Andi Rustam, serta Kepala Desa Singkoyo Kecamatan Toili, Amrin Ayung dihentikan Bawaslu Banggai karena tidak memenuhi unsur materill.
Hal itu berdasarkan laporan tahapan pengkajian oleh Sentra Gakumdu Bawaslu Kabupaten Banggai yang disampaikan ke media ini via Watsap pribadi milik Kordiv Penaganan Sengketa Bawaslu Banggai Adamsyah Usman SH, Rabu (3/4).
Dalam perihal nomor laporan registrasi, 02/LP/PL/Kab/26.02/III/2019 yang menjadi pelapor adalah Zulharbi. Dimana berdasarkan pembahasan kedua sentra Gakkumdu (Bawaslu, Polisi, dan jaksa)  hasil yakni, pelanggaran pidana pemilu yang diduga dilakukan pejabat negara, pejabat fungsional dalam jabatan Negeri serta kades dihentikan karena tidak memenuhi unsur materill dan memperhatikan pasal 547, pasal 490, pasal 282 dan pasal 283 ayat (1) dan ayat (2)  UU 7/2017 tentang pemilu, serta memperhatikan pasal 183 dan 184 KUHAP dan Perbawaslu 31 tentang sentra Gakkumdu
Sedabgkan untuk dugaan pelanggaran netralitas ASN Bawaslu meneruskan/rekomendasi ke KASN. Untuk Kades sendiri persoalannya direkomendasikan Ke Bupati Banggai. Sementara untuk Bupati, bawaslu merekomendasikan kepada Kemendagri.
Dalam putusan ini tertanda mengetahui Ketua Koordinator Gakkumdu Muh Adamsyah Usman, Koordinator Unsur Polisi Ipda.Nanang Afrioko, SH, MH dan Koordinator Unsur Jaksa Rizka Permatasari, SH.*af

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here