Lomba Olahraga Tradisional Meriahkan HUT Banggai ke 64

LUWUK – Guna memeriahkan HUT Kabupaten ke 64, Pemda Banggai mempertandingkan lima cabang olah raga tradisional. Perhelatanya berlangsung (5/7/2024) di Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk.

Pesertanya melibatkan berbagai kalangan, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banggai dan masyarakat umum.

Mewakili Bupati Banggai, Asisten Administrasi III Setda Banggai, Drs. H. Moh. Kamil, M.Si dalam sambutanya mengatakan, Ketertarikan dan kecintaan terhadap olahraga tradisional dapat tumbuh ketika mereka merasakan keseruan dan tantangan oleh setiap permainan.

“Kegiatan kejuaraan olahraga tradisional pada hari ini, merupakan suatu usaha dalam meningkatkan budaya berolahraga, agar masyarakat mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan bakat, minat, percaya diri, dan kecintaan terhadap olahraga tradisional,” Ujar Kamil.

Kegiatan Akbar ini berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 5 hingga 6 Juli 2024, Berbagai jenis olahraga tradisional dipertandingkan meliputi, lombaTarik Tambang. Cabang olahraga ini diikuti oleh 13 regu. Selain itu juga ada lomba ⁠Patengka yang melibatkan 26 peserta. Ajang ini juga diperlumbakan ketangkasan Sumpit, pesertanya ada 34 orang. Kemudian lomba Hadang/Kalario, uang diikuti oleh 12 regu. Disamping itu lomba Lari Karung dengan melibatkan 62 peserta.

Pada kesempatan itu Asisten Administrasi III Setda Banggai berharap Kegiatan ini dapat menciptakan masyarakat yang berprestasi, memiliki kemauan dan kesungguhan untuk maju dalam berprestasi pada event-event olahraga tradisional ke depan.

“Kegiatan kejuaraan olahraga tradisional ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang berprestasi, memiliki kemauan dan kesungguhan untuk maju dalam berprestasi pada event-event olahraga tradisional ke depan,” tutur Kamil.

Selain lomba olahraga tradisional, rangkaian acara HUT Kabupaten Banggai akan terus berlanjut dengan berbagai kegiatan sosial dan budaya.

Mulai dari donor darah, sunatan massal, pangan dan pasar murah, hingga berbagai kegiatan lainnya yang akan berujung pada malam puncak perayaan pada tanggal 8 Juli 2024.

Sebelum membuka acara secara resmi, Moh. Kamil menyampaikan apresiasinya, “Saya menyambut baik sekaligus mendukung secara penuh kegiatan ini, serta ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai dan semua pihak, dalam menyelenggarakan kegiatan ini.” ujarnya.

Dalam pers rilis yang disampaikan DKISP Banggai ini juga menyebutkan, acara pembukaan dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO bersama OPD Kab. Banggai dan Instansi Vertikal, serta masyarakat setempat.* /pr

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button